MA Riyadl Berikan Beasiswa Tahfidz

Rembang – Madrasah Aliyah Riyadlotut Tholabah, Sedan memberikan beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi, salah satunya beasiswa tahfidz. Beasiswa yang diberikan kepada peserta didik yang hafal Al-Qur'an ini berupa gratis biaya Syahriyah selama satu tahun. Selain itu, dan peserta didik akan mendapatkan kesempatan pasa tahun berikutnya dengan menambah hafalannya.

Kepala MA Riyadlotut Tholabah, Anshori mengatakan, persyaratan penerima beasiswa tahfidz ini yaitu, untuk kelas X telah hafal sebanyak tiga juz, kelas XI hafal sebanyak enam juz, dan kelas XII hafal sebanyak sembilan juz. Kemudian peserta didik yang berminat untuk mengikuti seleksi beasiswa tahfidz ini mendaftar kepada wali kelas masing-masing dan kemudian mengikuti seleksi.

“Pada tahun ajaran 2018/2019 ini sebanyak enam peserta didik mengikuti seleksi pada 31 Juli 2018. Peserta seleksi terdiri dari tiga peserta dari kelas X dan tiga peserta dari kelas XI,” terang Anshori.

Pada saat pelaksanaan seleksi, peserta didik MA Riyadl diminta untuk melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an yang telah dihafal, sesuai dengan tingkatan kelasnya. Setelah itu, peserta dites untuk sambung ayat oleh penguji. Sedangkan untuk kriteria penilaian sendiri terdiri dari kelancaran dan tajwid.

“Alhamdulillah ada enam peserta dari kelas X dan XI yang mengikuti seleksi tahun ini, setelah ini nanti akan kami diskusikan mengenai hasil dari seleksi ini, semoga dengan adanya program beasiswa ini menjadi penyemangat untuk peserta didik lain dalam menghafal Al-Qur'an,”  ungkap Minanur Rohman sebagai salah satu tim penguji.

Penyelenggaraan beasiswa tahfidz ini juga sebagai bentuk partisipasi atau usaha madrasah untuk turut serta melestarikan Al-Qur'an dan juga mencetak generasi yang berakhlaq Qur'ani.

“Beasiswa ini merupakan salah suatu usaha dari madrasah untuk ikut melestarikan Al-Qur'an dan mencetak peserta didik yang berjiwa Qur'ani, semoga ini juga membawa barokah untuk madrasah kita ini,” kata Nailun Nawal selaku Waka Humas. – nwl-iq/bd