Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat Untuk UAMBN MTs

Banjarnegara – Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MTs sedianya akan dilaksanakan mulai tanggal 2 April 2018 ini. Amat penting mempersiapkannya dengan baik mulai dari awal hingga akhri dan tercapai Tri Sukses UAMBN.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Masdiro dalam sosialisasi UAMBN di laksanakan selama 2 hari di Aula Kantor mulai hari ini (27/03). Kegiatan hari pertama Sosialisasi UAMBN KP (Kertas Pensil) yang mengundang 216 Kepala madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasata dan calon pengawas ujian. Sedangkan untuk Sosialisasi UAMBN BK (Berbasis Komputer) di hadiri 205 peserta.

Pengawas diharapkan untuk melaksanakan tugas dengan disiplin, jujur dan berdedikasi mengesampingkan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada khususnya pada madrasah swasta. “Sukses Perencanaan, Sukses Hasil, dan Sukses Pelaporan adalah harapan kita semua,” ucapnya.

Walau bukan menjadi standar kelulusan, tetap laksanakan ujian sebagai barometer hasil pembelajaran dari kegiatan belajar-mengajar di madrasah. Kegiatan rutin ujian seperti UAMBN perlu ditargetkan peningkatan hasil nilai. “Tunjukan madrasah hebat dan madrasah bermartabat,” disampaikan dengan tegas.

Prestasi hasil ujian yang bagus perlu dipertahankan dan ditingkatkan, juga dari pengawas untuk mempersiapkan lebih dini karena ada 2 jenis ujian yang dilaksanakan.  Kesiapan sarana dan prasarana seperti komputer, kelancaran koneksi internet, dan kesiapan listrik perlu diperhatikan, lanjutnya.

Khusus kepada pengawas ada POS (Prosedur Operasional Standar) dalam pelaksanaan ujian yang harus dibaca, dipahami dan dilaksanakan dengan baik. Tunjukkan peningkatan karakter awali dari guru dan pengawas melalui ujian kali ini. Semoga pelaksanaan UAMBN KP dan BK bisa berjalan dengan lancar dan sukses tentunya, pesannya. (Nangim/bd)