Madrasah Kusayang, Sampah Kubuang

Kebumen-Mengusung tema Madrasah Kusayang Sampah Kubuang,  MTs Negeri Triwarno Kutowinangun memperingati Hari Peduli Sampah Nasional beberapa hari lalu bersamaan dengan kegiatan Jumat Bersih. Peringatan tersebut diisi dengan kegiatan memungut sampah di lingkungan madrasah yang dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah.

Kegiatan pungut sampah yang dipimpin langsung Kepala Madrasah H. Sugeng Warjoko mewajibkan kepada seluruh siswa untuk membawa kantong plastik bekas sebagai wadah sampah hasil pungutan.

Menurut Sugeng, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga madrasah tentang pentingnya lingkungan pendidikan yang bebas sampah dan melatih peserta didik untuk mengelola sampah dengan baik dan benar. Dia berharap peserta didik dapat meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan madrasah.

Selain memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari, agenda ini merupakan aplikasi dari program kerja Tim Kader Lingkungan MTsN Kutowinangun yang dikoordinir oleh Hj Siti Romlah Khomsiyah

Respon Positif

Kegiatan pungut sampah yang baru diadakan pertama kali ini  ternyata mendapat mendapat respon positif dari seluruh warga madasah, ini terbukti dari antusias mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Bahkan setiap kelas mendapatkan plastik  sampah yang berwarna merah, kuning, dan hijau untuk memilah sampah.  Plastik warna hijau untuk sampah daun, plastik warna kuning untuk sampah kertas dan sejenisnya, serta warna merah untuk sampah plastik dan kaca.(SN/bgkt)