Majelis Taklim Ummul Qurro Mendidik Anak Mencintai Al-Quran sejak Dini

Batang _ Majelis Taklim Ummul Qurro Karanganyar, Batang mengadakan acara penutupan Pesantren Ramadhan pada Kamis (06/05). Hadir pada kegiatan ini, anak-anak peserta pesantren Ramadhan, para asatidz, dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang.

Kepala KUA Kecamatan Batang, H. Abdullah Najib secara terpisah menyampaikan terimakasih kepada Majelis Taklim Ummul Qurro yang telah melaksanakan bimbingan Tahsinul Qiroah dan tilawah Al-Quran secara intensif kepada anak-anak generasi penerus melalui kemasan pesantren Ramadhan yang ditutup pada hari ini.

” Atas nama Kementerian Agama kami mengucapkan terimakasih kepada MT Ummul Qurro atas kerjasamanya dalam bimbingan Tahsinul Qiroah dan tilawah Al-Quran secara intensif kepada anak-anak generasi penerus melalui kemasan pesantren Ramadhan ini, semoga mendatangkan keberkahan untuk kita semua,” ucapnya.

Sementara itu Koordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang Slamet Hasanudin, saat diberikan kesempatan memberikan sambutan menjelaskan tentang pentingnya menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Quran sejak dini.

” Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW dijelaskan didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara mencintai Nabimu, mencintai ahlul baitnya dan membaca Alquran karena orang-orang yang memelihara Alquran itu berada dalam lingkungan singgasana Allah pada hari ketika tidak ada perlindungan-Nya, mereka beserta para Nabi-Nya dan orang-orang suci. Dari hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ath Thabrani ini tergambar bahwa pentingnya mengenalkan Alquran sejak dini. Majelis Taklim Ummul Qurro sudah mengambil peran secara serius sesuai amanat hadits tersebut, “ papar Slamet Hasanudin.

Pembina MT Ummul Qurro yang juga sebagai Penyuluh Agama Islam Ubadi, memaparkan bahwa memang anak usia dini merupakan fase emas, sehingga sangatlah tepat apabila mengajarkan anak membaca Alquran sejak dini.

” Anak usia dini merupakan fase emas, sehingga sangatlah tepat apabila mengajarkan anak membaca Alquran sejak dini,menumbuhkan anak untuk mencintai Alquran karena anak lebih mudah mengingat,” katanya Ubadi.

Alhamdulillah kegiatan pesantren Ramadhan dengan materi Al-Quran dan fiqih bagi anak-anak usia sekolah sudah terselenggara mulai 14 April sampai dengan tanggal 6 Mei 2021. Acara penutupan pesantren Ramadhan dimulai dengan Khotmil Quran dan doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia khususnya dari wabah Covid 19.(Hasanudin / Zy)