Makmurkan Masjid, Penyuluh Kedungtuban Rutin Gelar Khotmil Quran

BLORA – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kecamatan Kedungtuban yang terdiri dari Penyuluh PNS dan Non PNS melaksanakan program unggulan Kepala Kantor Kementerian Agama Blora, yakni ceramah memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan antara lain mengadakan acara Khotmil Qur’an  setiap sebulan sekali.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutinan yang sudah dilaksanakan selama lima kali bertepatan di Masjid Baitun Ni’am di Desa Gondel Kec.kedungtuban yang kemaren dihadiri oleh 36 jamaah dengan penuh antusias.

Penyuluh Fungsional KUA Kecamatan Kedungtuban, Aziz Nur Rahmah yang memepunyai wilayah binaan tersebut menyampaikan bahwa Khotmil Qur’an merupakan salah satu program unggulan Kankemenag Blora yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya dan gemar membaca Alquran sehingga Quran bisa dibaca secara rutin dan dimaknai artinya.

“alhamdulillah kegiatan Khotmil Quran ini  sudah berjalan 5 kali putaran yang dimulai dari Masjid Al-Furqon Ds.Kedungtuban, Masjid At-Taqwa Ds.Galuk, Masjid Kalen, Masjid Baiturridwan Wassalamah dan yang terakhir kemarin di Masjid Gondel”ungkapnya.

Pihaknya juga berharap masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut terus bertambah karena penyuluh sudah bekerjasama dengan tokoh agama maupun pengurus masjid setempat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga bisa lebih terlaksanakan di berbagai masjid di wilayah Kedungtuban khususnya.

Selain itu, Azis menyampaikan bahwa kegiatan Khotmil Quran tersebut juga bertujuan untuk syiar agama Islam, dapat menjalin tali silaturrahim antar jamaah Masjid di Desa-desa Kecamatan Kedungtuban dan juga dilakukan  Pemberian Mushaf Al-Qur’an kepada masjid masjid yang ada untuk meningkatkan motivasi membaca Alquran.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam, Maspuin menyampaikan apresiasi atas semangat yang dilakukan para penyuluh agama Islam untuk melakukan kegiatan khotmil Quran semoga akan bisa memakmurkan masjid dan meningkatkan kecintaan dan kepahaman masyarakat terhadap Alquran dan diharapkan akan banyak kegiatan lain yang bermanfaat bagi dakawah agama di masyarakat sehingga kemenag turut membantu membina akhlak umat dan memperbaiki mental spiritual masyarakat luas.(azis/ima/bd)