MAN 1 Cilacap Deklarasi Madrasah Ramah Anak

Cilacap – Deklarasi madrasah ramah anak diawali dengan pengantar sambutan dari Kepala Madrasah, Suratno, Kamis (1/11) di halaman madrasah untuk memberi motivasi kepada siswa.

“Madrasah hendaknya menjadi tempat yang  nyaman bagi semua penghuninya. Siswa harus merasa betah berkegiatan, baik aktivitas pembelajaran di kelas maupun diluar kelas. Selain itu, semua komponen berlaku ramah, sapa dan salam”, Tegasnya.

esepakatan deklarasi ditandai dengan penandatanganan pada kain sepanjang lima meter yang diawali oleh Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, guru dan tenaga kependidikan dan perwakilan dari siswa dari kelas X hingga kelas XII semua jurusan.

Kegiatan luar ruangan diaplikasikan melalui bersih-bersih di dalam kelas maupun halaman madrasah. Selain itu sebagian siswa juga melakukan kegiatan bersih-bersih dan pembakaran sampah di sepanjang kali Sitopo.

Aktivitasenggembirakan siswa MAN 1 Cilacap juga diberi kesempatan untuk melakukan permainan tradisonal yang sudah hampir punah. Seperti main lompat tali, dua orang menggerakan putaran tali dan beberapa anak melompat dengan ceria. Ada juga bermain suramanda, permainan tradisional dengan dengan memainkan pecahan genteng dilemparkan pada kotak-kotak yang dibagi menjadi sekitar enam. Mereka yang main harus berjingkrak dan melewati kotak yang ada genteng dengan melompat setelah sampai ujung kemudian siswa menggambil genteng yang dilompati dan berjingkrak menuju keluar kotak. Permainan yang paling seru mungkin jenis gobak sodor yang membutuhkan kerja sama tim. Biasanya masing-masing tim dibagi menjadi dua yang anggotanya terdiri dari lima atau enam. Bagi yang bermain mereka harus masuk kotak-kotak dari pangkal sampai ujung bolak balik tanpa tersentuh musuh. Bila tersentuh harus gantian menjadi penjaga.

“Jujur saja kegiatan luar ruangan ini banyak diantaranya merefresh otak biar adem. Saya sangat apresiatif selain itu juga menambah solidaritas dan gotong royong sesama siswa”, timpal Jenny siswa Kelas XI IPS 1.

 Rangkaian madrasah ramah anak juga dilakukan dengan bertukar makanan sehat sesama teman kelas yang telah dibawanya dari rumah. Selesai makan, siswa melakukan literasi tentang kesan kegiatan yang telah dilakukan dari pagi hingga selesai. Purna acara ditutup dengan menyanyikan lagu Nasional Maju Tak Gentar.(Agus es/bd)