MAN 1 Pati Gelar Akhirussanah

Pati – MAN 1 Pati menggelar kegiatan Akhirussanah tahun pelajaran 2016/2017 sekaligus peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, di halaman MAN 1 Pati, Rabu (26/4). Akhirussanah sebagai akhir dari kegiatan pendidikan di MAN 1 Pati yang sudah ditempuh oleh siswa kelas XII selama 6 semester ini dihadiri oleh Bupati, KaKankemenag, pengawas, tokoh masyarakat dan siswa kelas XII didampingi orang tuanya, guru, karyawan , pengurus Komite, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati.

Inti dari akhirussanah adalah penyerahan  kembali siswa kelas XII kepada orang tua. Lulusan MAN harus mempunyai kemampuan yang lebih dalam agama dibandingkan lulusan Sekolah umum, demikian yang disampaikan  Moh Kodri selaku kapala Madrasah dalam sambutannya. 

Karenanya  siswa MAN harus mempunyai kepekaan terhadap ibadah, misalnya ada adzan, ya segera bersiap-siap untuk sholat, tambahnya.

Selamat berpisah, selamat menempuh pendidikan kehidupan yang lebih tinggi, semoga  menjadikanmu pribadi yang  berkualitas,tangguh, pantang menyerah dan selalu dalam lindunganNya . Semoga ilmu yang didapatka di MAN 1 Pati merupakan  ilmu yang bermanfaat dan berkah untuk kehidupan dunia dan akherat. Amiin yarobbalamiin,”pungkas Kodri.

Akhirussanah kali ini juga dimeriahkan oleh grup tari MAN 1 Pati yang menampilakan 2 tarian, tari tradisional dan tarian modern. Selain itu grup paduan suara juga menampilkan kebolehannya dengan lagu Himne Guru dan terimakasihku. Serta diiringi puisi dari siswa kelas XII.

Acara akhirussanah di mulai pukul 09.00 dan diakhiri sekitar pukul 11.30. Sebelum diakhiri dibacakan doa oleh KH Moh. Imam Al-Mukromin yang merupakan salah satu penyuluh fungsional Kankemenag Kabupaten Pati dan diakhiri dengan musafahah siswa,orang tua dengan guru dan karyawan. (Athi’/bd)