MAN Batang Kembangkan Metode Simulasi Untuk Siapkan Siswanya Ikuti Kompetensi Sains Nasional (KSN)

Batang – Untuk mempersiapkan peserta didiknya dalam mengikuti ajang bergengsi Kompetisi Sains Nasional (KSN), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang menggelar Simulasi pada peserta didik yang sudah disiapkan untuk ajang itu. Simulasi itu dilaksanakan pada hari Jumat (28/5) di laboratorium komputer yang diikuti oleh 19 peserta didik dan terbagi dalam beberapa mata pelajaran yang dilombakan yaitu Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, Geografi, Kebumian, dan Informatika.

Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi dalam komentarnya menyampaikan rasa bersyukurnya atas terlaksananya kegiatan simulasi hari ini, dia berharap dengan persiapan yang matang, semoga peserta didik MAN Batang mampu meraih hasil yang maksimal.

“ Saya mengapresiasi pada tim pembimbing KSN MAN Batang yang dengan komitmennya mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat bersaing dengan peserta lain diarena bergengsi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun ini,” kata H.A.M. Alwi.

Dia juga menegaskan bahwa simulasi yang dilakukan berulang-ulang pada calon peserta KSN itu akan dapat memberi pemahaman dan pengertian yang lebih detail bagaimana strategi dalam mengikuti kompetisi itu.

“ Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi peserta didik merupakan adu kecakapan dan kemampuan akademik dari siswa yang dalam pelaksanaanya membutuhkan mental serta strategi secara kusus, maka simulasi merupakan salah satu metode yang dapat menambah kecakapan dan kemampuan itu,” tegasnya.

Sementara itu, Dirman Koordinator pembimbing KSN menyampaikan bahwa peserta dan pembimbing KSN akan terus berusaha dan berlatih setelah kegiatan simulasi ini sebagai upaya semakin mematangkan persiapan.

“ Sebagai ajang bergengsi, kita para pembimbing secara intensif mempersiapkan para peserta untuk benar-benar memiliki kemampuan dibidang lombanya, salah satunya adalah dengan simulasi ini, tidak hanya kali ini saja, kita akan terus melakukan eksperimen dengan pendekatan simulasi yang secara teknis persis dengan ajang KSN sesungguhnya, diharapkan para peserta akan memiliki pengetahuan dan pemahaman baik materi, strategi maupun mental saat maju di ajang kompetisi itu,” jelas Dirman.

Dia juga memohon dukungan dan doa dari seluruh keluarga besar MAN Batang agar peserta KSN tahun ini mampu meraih hasil yang optimal . menurutnya ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 3-4 Juni 2021 yang akan datang.

Adapun peserta didik yang mewakili MAN Batang tahun ini adalah Kimia diikuti oleh M. Faiz Al fata (XI MIPA 1), Hilda Rizkiya Mahdani (X MIPA 2), Leni Febianti H, Biologi diikuti oleh Milatina Sofia (XI MIPA 1) , Fisika diikuti oleh Laila Nur Fatihah, Catur Setiawati, dan Fina Isamatus Silmi (XI MIPA 2), Matematika diikuti oleh Eka Oktaviana, Dienita Alya Rahma (XI MIPA 1), Aenur Rif’an (XI Agama 1), Pelajaran Informatika, Ekonomi diikuti oleh Rhezania Aprilia (X IPS 3), Afriyani Dina Safira, geografi diikuti oleh Titisia Apriliana (XI IPS 1) Yustika Ade Pramestia (XI IPS 1), Amalia Ayu Ningtyas, dan Dian Amalia (X IPS 2) sedangkan Kebumian oleh Ainy Khaqiqoh, Ika Maulida, dan Khansa Salma Nabila. ( fahmi / Zy)