MAN Blora, Gelar Renungan Ulang Janji Peringati HUT Pramuka ke-57 Tahun 2018

Blora (MAN)-

Dalam rangka memperigati hari pramuka ke 57 tahun 2018, Kwartir Cabang XI.16.04 MAN  Tunjungan Kabupaten Blora malam tadi malam (13/08) melaksanakan Kegiatan Renungan Ulang Janji. Upacara renungan dan ulang janji sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus.

Pada tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora yang diawali dengan upacara renungan ulang janji, dimana Upacara yang dikuti sekitar 250 adik-adik penegak dari berbagai SLTA se Kabupaten Blora ini berlangsung khidmad.

 “Kegiatan ulang janji pramuka memiliki makna yang sangat dalam, apabila kita mengucapkan dengan penghayatan dari isi dari janji-janji Pramuka, kemudian melekat di tubuh kita, Insya Allah perilaku kita tidak akan menyimpang dari apa yang kita harapkan, maupun harapkan dari orangtua dan masyarakat”, begitu pesan Budi Riyanto, S.Pd. M.Pd yang kali ini bertindak sebagai Pembina Upacara.

Selanjutnya rangkaian acara dilanjutkan dengan penyalaan api Dasa Dharma sebagai simbol 10 Dharma Pramuka yang perlu dihayati, ditanamkan dan diamalkan oleh anggota Pramuka. Sekaligus sebagai semangat kaum muda Indonesia yang menyala – nyala.

Dalam acara tersebut, Sepuluh api Dasadharma dibawa oleh 10 (sepuluh) pembawa obor dari Pramuka Dewan Kerja Ambalan, dengan langkah yang mantap maju ketengah satu per satu menyalakan obor, dan Secara berurutan Dasa Darma diucapkan, disertai nyala obor dalam sikap sempurna yang menerangi segenap peserta upacara.

Tidak lama kemudian, Sang Merah Putih, lambang kebanggaan bangsa Indonesia, yang mencerminkan keberanian karena membela yang benar dan akan menjadi saksi apa yang direnungkan jajaran Pramuka, memasuki arena upacara renungan dan menempatkan diri di tengah arena dengan mengambil posisi sebelah kanan depan Pembina Upacara.

Menurut Budi, adanya renungan dan Ulang Janji diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Gerakan Pramuka agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan peka terhadap kondisi lingkungan dan masyarakat. Dan dengan kegiatan renungan ini mampu merekatkan NKRI sesuai dengan tema HUT Pramuka ke-57 “PRAMUKA PEREKAT NKRI”.

Kepala MAN Blora, Amirudin Aziz menyampaikan acara ini sangat positif untuk melatih mental siswa dan membuat siswa semakin matang dalam berpramuka sebagai partisipasi siswa siswi MAN dalam memperingati HUT Pramuka.

“kami sangat apresiatif kegiatan siswa siswi MAN dalam memperingati hari pramuka semoga dapat meningkatkan mental siswa dan mematangkan jiwa kedisiplinan dan ketrampilan dalam berpramuka”ungkapnya serius. (umi/Ima)