MAN Salatiga Selenggarakan Alnesa Youth Fair

Salatiga – Kepala MAN Salatiga Handono mengharapkan siswa bersemangat mempelajari dinul Islam guna menghindari degradasi moral.  Hal itu diungkapkan dalam Milad ke-27 Madrasah Aliyah Negeri Salatiga dalam kegiatan Alnesa Youth Fair (AYF) yang berlangsung pada Ahad (05/03) bertempat di MAN Salatiga.

Selanjutnya, Handono  mengatakan kegiatan ini diadakan untuk membangun kerja sama dengan lembaga di bawahnya yaitu SPM/MTs. Kegiatan AYF tahun ini merupakan yang keempat kalinya dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya Lomba Try Out Ujian Nasional, Cerdas Cermat Wawasan Islam (CCWI), MTQ Putra dan Putri serta Khitobah bagi peserta didik SMP/ MTs se-Kota Salatiga dan sekitarnya.

Handono menyampaikan, pendidikan itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dan harus ada kolaborasi. “Untuk dapat meningkatkan prestasi di masa yang akan datang harus di proses di berbagai tingkatan. Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk mempelajari dinul Islam dan menghindari degradasi moral,” kata Handono.

AYF-4 tahun ini diikuti peserta dari SMP/ MTs sebanyak 163 siswa yang terdiri atas peserta Try Out UN sebanyak 72 siswa. Adapun lomba Khitobah diikuti 16 peserta, MTQ Putra sebanyak 15 peserta, MTQ Putri sebanyak 15 peserta dan Cerdas Cermat Wawasan Islam (CCWI) sebanyak 45 peserta terbagi dalam 15 Tim.

Acara yang berlangsung sehari tersebut menghasilkan pemenang lomba sebagai berikut; Untuk pemenang lomba Tryout UN; Juara I Alifah Miftachul C dari MTsN Susukan Kabupaten Semarang. Juara II Nancy Lailana Putri dari SMPN 4 Salatiga dan Juara III Janitra Muriza L dari SMPN 2 Salatiga.

Untuk Lomba MTQ Putra Juara 1 Zulkarnain Samkhan Lukmana dari SMPN 5 Salatiga, Juara II Shokhibul Fikri dari SMPN 1 Salatiga dan Juara III Muhammad Miftakhul Rizqil dari MTs Yasinta Salatiga. Sedangkan untuk MTQ Putri Juara I Umi Rokhayati dari SMPN 1 Tengaran, Juara II Nabila Uswatun Hasna dari SMPN 1 Salatiga dan Juara III Salwa Hanifa Syahputri dari SMPN 3 Salatiga.

Lomba Khitobah Juara I Valentia Rizqina dari SMPN 1 Salatiga, Juara II Mutiara Azizah Dyah Pramesti dari SMP IT Darul Fikri, dan  Juara III Magumi Aurora Iftita dari SMPN 1 Tengaran. Untuk lomba CCWI Juara I dimenangkan oleh tim dari MTsN Susukan kabupaten Semarang, Juara II dari Tim SMP Negeri 1 Salatiga serta Juara III  oleh Tim dari SMP Muhammadiyah Salatiga. (KK/gt)