Mantapkan Persiapan Ujian, KKG-MI Gelar Try Out

Purbalingga – Dalam rangka memantapkan persiapan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2018/2019, Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Kabupaten Purbalingga mengadakan kegiatan Try Out USBN. Kegiatan yang digelar mulai Senin (18/3/2019) tersebut diikuti 3.755 peserta. Hal tersebut disampaikan Ketua KKG MI Kabupaten Purbalingga, Hilal Darsono dalam komunikasinya, Senin (25/3/2019).

Hilal menjelaskan, sasaran kegiatan tersebut adalah seluruh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri/Swasta se-kabupaten Purbalingga. “Kegiatan Try Out akan dilaksanakan serentak dan diikuti seluruh siswa kelas VI. Soal latihan ujian ini terdiri dari 3 paket. Sesuai jadwal, Paket I untuk 18-20 Maret 2019, Paket II untuk 25-27 Maret 2019, dan Paket III  untuk 1-4 April 2019,” jelasnya.

Ia menambahkan, 2 paket soal disusun oleh Tim Penyusun Try Out KKG MI Kabupaten Purbalingga. Sedangkan 1 paket lainnya disusun oleh para guru  peserta Workshop Bedah Kisi-kisi USBN yang digelar 14 – 16 Pebruari lalu di MIM 2 Babakan Kecamatan Kalimanah.

“Penyusunan soal oleh para peserta workshop merupakan implementasi hasil kegiatan tersebut. Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Sudiono saat membuka workshop,” ungkapnya.

Selain sebagai bentuk kegiatan praktik, penyusunan soal try out juga merupakan kegiatan on training   workshop. Soal yang disusun para guru tersebut selanjutnya disortir dan dipilih yang terbaik. Untuk menjaga kualitas, soal – soal yang terpilih selanjutnya dirakit oleh narasumber workshop yang sudah memiliki pengalaman sebagai penyusun soal USBN tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan seperti ujian sesungguhnya, baik dari penataan tempat maupun pengawasannya. Sehingga para siswa calon peserta ujian terlatih dan terbiasa dalam menuliskan identitas serta jawaban pada lembar jawab komputer. (sar/bd)