Matsama MAN Rembang

Rembang – Awal masuk bagi peserta didik baru biasanya diisi dengan Masa Orientasi. Masa orientasi yang dulunya dikenal dengan MOPDB sekarang berubah istilah menjadi MATSAMA. Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh OSIS Madrasah Aliyah Negeri Rembang.

Kepala MA Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, tujuan dari kegiatan Matsama adalah memfasilitasi Peserta Didik Baru untuk saling mengenal antar sesama peserta didik baru, lingkungan madrasah, guru dan hal lain yang berkaitan dengan Madrasah,  melatih siswa agar berperilaku jujur, adil, dan disiplin dalam melaksanakan kewajiban menuntut ilmu. Siswa membutuhkan sikap tersebut untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

Kegiatan Matsama yang dilaksanakan Senin-Rabu (17-19/7) diikuti 133 peserta didik yang terdiri atas 36 siswa dan 97 siswi. Materi matsama diantaranya BTA, PBB, Tata Tertib Madrasah, Kurikulum, Wawasan madrasah serta kajian Kitab Kuning. Celvy S.Darmawati selaku koordinator matsama menyampaikan bahwa kegiatan matsama berjalan lancar, seluruh peserta didik mengikuti kegiatan dengan antusias, senang, dan tertib.

PTA

Setelah kegiatan matsama selesai, seluruh peserta didik mengikuti agenda selanjutnya yaitu kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Sabtu-Minggu (22-23/7) seluruh peserta didik baru MAN Rembang Tahun Pelajaran 2017-2018 mengikuti kegiatan PTA yang dilaksanakan di halaman MAN Rembang. Miftahul Huda selaku KaGudep 10.131 MAN Rembang mengatakan bahwa kegiatan PTA merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan dalam menyambut peserta didik baru yang bertujuan untuk pengenalan kegiatan kepramukaan.

Muhammad Yunus Anis dalam sambutan PTA menceritakan sejarah berdirinya pramuka. Beliau berharap agar seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan sampai tuntas. “Melalui kegiatan ini mental diri seorang siswa akan terbentuk sehingga menjadi pribadi yang cerdas, gembira, beriman, berkarakter serta berakhlakul karimah”, tandas Anis. (Jj/ss/bd)