Melatih Keberanian Melalui Bermain Peran

Purwokerto – Dalam upaya melatih keberanian siswa kelas 6 MIN 1 Banyumas serta menambah wawasan kebangsaan, unit pengelola asrama MIN 1 Banyumas menyelenggarakan Student Contest pada minggu (28/10) kemarin. Ketua asrama, Heru Budi Santoso menjelaskan bahwa kegiatan Student Contest kali ini siswa melakukan bermain peran atau drama. “Siswa terbagi dalam tiga kelompok, kelompok pertama menampilkan drama Sunan Kalijaga, kelompok kedua drama Cut Nyak Dien, dan yang ketiga bertema Jenderal Sudirman”. ungkap Heru.

Heru menambahkan, Student Contest kali ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, jadi kami mengambil tema kebangsaan. “Selain melatih keberanian, ini akan memberikan tambahan wawasan dan pemahaman siswa tentang perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan dan wali songo. Dengan bermain peran, mereka lebih paham dan lebih menghayati hakekat perjuangan” tambah Heru. 

Kepala MIN 1 Banyumas, Saridin mengaku senang atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya pengelola asrama memang harus kreatif mengadakan acara-acara untuk anak-anak. “Di saat anak-anak tidak pulang ke rumah, maka harus ada kegiatan yang menyenangkan dan memiliki nilai edukasi. Ini dilakukan agar anak-anak merasa betah dan tidak bosan hidup di asrama.” ujar Saridin. (ak/bd)