Memaksimalkan Moment Bulan Ramadhan

Kota Tegal – Momentum bulan suci ramadhan dimaksimalkan oleh segenap umat muslim untuk memperdalam ilmu agama. Seperti halnya juga yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tegal dengan melibatkan seluruh ASN, acara ramadhan yang digelar secara rutin setiap ba’da dhuhur tersebut telah mencapai puncak acara yaitu khotmil qur’an pada jum’at (16/06) di Masjid Al Ikhlash.

Kegiatan rutin tersebut selain dalam rangka memberikan sharing ilmu, juga sebagai bentuk silaturahim antara ASN khusus di bulan ramadhan. Dalam acara khotmil qur’an tersebut yang dimulai dengan tadarus al Qur’an dilanjut dengan shalat berjama’ah, kemudian do’a dan buka bersama.

Kegiatan ini merupakan leading sektornya adalah Bimas, maka pelaksanaanya diampu oleh staf Bimas, penyuluh agama islam baik fungsional maupun penyuluh non PNS, “tutur Hindun Nuuril Aimmah, salah satu penyuluh agama islam fungsional.

Pada kajian akhir ramadhan sekaligus khotmil qur’an, kultum disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan, yang menekankan bahwa pentingnya mencontoh akhlak Rasulullah SAW yang sangat peduli kepada rakyat miskin bahkan anak kecil sekalipun.

Begitu besarnya perhatian Rasulullah SAW terhadap anak kecil yang miskin tersebut sampai-sampai dijadikan anak angkatnya, hal demikian dilakukan dengan tujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan juga dapat mengangkat derajat anak tersebut.

Makna yang dapat kita ambil dari peristiwa tersebut adalah, kita sebagai ASN Kementerian Agama hendaknya peka dan peduli sosial terhadap masyarakat sekitar khususnya dilingkungan tempat tinggal kita masing-masing, ”tekan Akhmad Farkhan.

Di akhir kajianya, beliau berharap kepada seluruh ASN Kementerian Agama Kota Tegal untuk tetap istiqomah dalam beramal kebaikan meskipun ramadhan telah berakhir, “ tutup Akhmad Farkhan.(IM/rf)