Membangun Jiwa Kepemimpinan, MAN Blora Gelar LDK 2017

 

Blora –Jiwa kepemimpinan haruslah dimiliki setiap pemimpin dalam sebuah organisasi, sehingga sangat penting adanya pelatihan dan  diklat untuk membawa organisasi tersebut agar maju dan berkembang, untuk itu, OSIS MAN Blora mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Madrasah (LDK) pada Sabtu–Minggu (11-12/11)kemaren di lokasi MAN Blora.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala MAN Blora, H.M.Fatah, S.Ag., M.Ed. dan diiukuti 41 siswa dari pengurus OSIS Masa Bhakti 2017-2018 dan 15 panitia dari OSIS lama.

Fatah menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan LDK ini yaitu ingin menetapkan peserta didik menjadi seorang pemimpin yang berjiwa disiplin, berani, kreatif dan bertanggung jawab untuk membawa organisasi ke arah yang lebih baik.

“Kegiatan LDK merupakan rangkaian bimbingan bagi pengurus OSIS baru, hal ini sangat penting karena agenda ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen bagi para pengurus dalam organisasinya dan meningkatkan jalinan persaudaraan antara pengurus itu sendiri,” papar M.Fatah, selaku Kepala Madrasah saat dikonfirmasi.

Salah seorang guru pendamping sekaligus Waka Kesiswaan, Fandholin, M.Pd.I yang juga menjabat Ketua Panitia memaparkan tentang konsep acara yang dilangsungkan dalam kegiatan tersebut.

“LDK tahun ini sengaja kami desain sedikit berbeda dari yang kemarin, walaupun secara materi yang disampaikan hampir sama yaitu tentang dasar-dasar kepemimpinan dan manajemen organisasi”paparnya serius.

“yang membedakan yakni dalam materi administrasi dan keuangan, sharing OSIS serta tadabbur alam pada malam harinya. Sehingga LDK kali ini bisa dinilai lebih edukatif dari tahun lalu,” tuturnya saat ditemui oleh tim web.

Mengenai materi dasar-dasar kepemimpinan, Fandholin menyampaikan materi tentang bagaimana peserta LDK diberi gambaran tentang sifat-sifat yang perlu dimiliki dan diterapkan bagi seorang pemimpin, dimana pemimpin itu haruslah memiliki kejelasan visi misi hidup, sikap tanggap dan tanggng jawab, terus belajar mengembangkan diri, disiplin waktu ataupun perilaku, serta yang terpenting bisa memberikan pengaruh yang baik kepada orang-orang dilingkungannya. Berdasarkan pengamatan Waka Kesiswaan, terlihat antusias peserta sangat besar, mereka mengikuti tahapan demi tahapan secara serius.

“Harapan kedepan dengan adanya LDK pengurus OSIS tahun ini, kita bisa melahirkan sumber daya manusia yang lebih bermanfaat untuk madrasah dan lingkungannya,” tandas fandholin.

Adapun peserta juga mendapatkan pelatihan dari tim Koramil  Tunjungan, Pelda Riyanto dan Serka Diding untuk menyampaikan materi PBB, Wawasan Kebangsaan serta  PBB (Persatuan Baris Berbaris) di lapangan sekolah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Danramil Tunjungan Kapten Inf Heri Waluyo dan Danramil memaparkan kegiatan ini penting dilakukan untuk menanamkan patriotisme kapada generasi muda.

“Generasi muda, khususnya para pelajar harus ditanamkan jiwa patriotisme sejak dini. Ini untuk memupuk jiwa kebangsaan pada sanubari mereka, sehingga di masa depan menjadi warga negara yang setia kepada Pancasila,” ungkapnya serius.  (umi/ima/bd)