Memotivasi Siswa Gemar Membaca, MIN Sumurrejo Kukuhkan Duta Baca

Semarang – Untuk menumbuhkan budaya gemar membaca di kalangan siswa, MIN Sumurrejo mengukuhkan Duta Baca Tahap ke – 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 bertempat di halaman MIN Sumurrejo Kota Semarang bersamaan dengan upacara rutin, Senin (16/01).

Kepala MIN Sumurrejo, Subiyono memberikan apresiasi kepada Pengelola Pondok Baca yang berhasil memilih Duta Baca tahap pertama periode 19 September 2016 sampai dengan 30 Nopember 2016, berdasarkan daftar hadir kunjungan Pondok Baca dan wawancara cerita buku yang dibaca, ditemukan 4 siswa yang memiliki kunjungan dan membaca terbanyak..

Menurut data yang berhasil dikumpulkan bahwa untuk Duta Baca Kelas Rendah (kelas I s.d. III) Muhammad Akbar Syah siswa kelas I. A dengan capaian 25 buku, Muhammad Ihsan Cahya Saputra  siswa kelas I. A dengan capaian 20 buku. Sementara Duta Baca Kelas Atas (kelas IV s.d. VI) diraih oleh Arya Fazza Aditiya Umam kelas V. B dengan capaian 31 buku, dan Ananda Putri Octaviana kelas V. B dengan capaian 26 buku.

“Pengelola telah melaksanakan pemilihan sesuai prosedur, Muhammad Akbar Syah misalnya, siswa kelas I.A ini fasih menceritakan buku yang pernah ia baca sehingga membuat kita semua kagum dan bangga,” kata Subiyono.

Diharapkan melalui Duta Baca ini, 3 bulan ke depan 4 anak ini mampu menjadi contoh bagi teman sebaya untuk gemar membaca, mampu memotivasi dan mengkampayekan gemar membaca, serta dapat mengkoordinir mading madrasah di Pondok Baca. Kepada siswa yang belum berhasil, mari belajar dari siswa yang terpilih sebagai Duta Baca untuk membiasakan budaya gemar membaca di madrasah ini.

“Pada pemilihan Duta Baca tahap kedua nanti diharapkan tidak hanya memilih 2 kategori saja kelas rendah dan kelas atas, tetapi tiap kelas ada 1 (satu) Duta Baca, sehingga keberadaan mereka dalam mengkampayekan gemar membaca semakin dekat dengan teman sebaya di kelasnya,” harapnya.

Ditambahkan, kepada guru kelas agar memandu kegiatan “Wajib Baca” setiap Jum’at dan Sabtu jam 09.10 – 09.25 WIB, mengingatkan anak untuk membuat resume hasil bacaan pada Buku Diary Membaca, mengumpulkan resume hasil bacaan, dan memeriksa resume sebulan sekali.

“Dengan kerja sama dan dukungan semua pihak, kualitas pendidikan di MIN Sumurrejo akan meningkat, melalui pondasi dasar Gemar Membaca,” pungkasnya. (subiyono/gt)