Menata Keluarga Merajut Bahagia

Surakarta – Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogjakarta (UMY) mengadakan Bimbingan Pra Nikah bagi calon pengantin di Hotel Grand HAP Surakarta pada Ahad (10/3),

pernikahan adalah sarana yang paling benar untuk memadu kasih sayang, ada kerjasama dalam mengarungi kehidupan, membina rumah tangga untuk memakmurkan bumi, pernikahan juga sebagai sarana melahirkan keturunan serta menciptakan kemaslahatan bagi lingkungan.

Melihat sangat penting dan mulianya pernikahan maka perlu adanya pengetahuan yang harus dipersiapkan bagi pelaku pernikahan, kata Siti Rohimah dalam sambutan acara Bimbingan Calon Pengantin.

Sedikitnya 17 pasang calon pengantin yang akan menikah mengikuti kegiatan tersebut. Hadir pada acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, Mustain Ahmad, dari UNS dokter Andre.

Tujuan dari kegiatan ini menurut Siti Rohimah adalah untuk membimbing calon pengantin dan sekaligus menjadi bahan penelitian bagi calon Doktor yang bersangkutan  adalah mahasiswi S3 UMY Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut Mustain Ahmad mengatakan untuk menjadi keluarga sakinah harus memegang delapan hal atau delapan fungsi keluarga.

Diantaranya fungsi Agama, fungsi Sosial dan Budaya, Fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosial pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan.

“Bila keluarga ingin bahagia maka jangan lupa ke delapan hal tersebut untuk di laksanakan,” ujar  Mustain. (Sugiyat-rma/bd)