Mengenal Ibadah Haji, Siswa MI Ikuti Manasik Haji

Pemalang – Dalam mengisi kegiatan tengah semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) 03 Pemalang mengadakan peragaan manasik haji MI se-KKMI 03 tahun 2017 di Bumi Perkemahan Sikucing Moga, Selasa (03/10).

Kegiatan diikuti oleh peserta didik kelas empat sampai kelas enam dari 28 MI di Kecamatan Pulosari, Moga, Warungpring, dan Belik. Kegiatan mengambil tema dengan peragaan manasik haji MI kita tingkatkan kompetensi guru dan peserta didik dalam pemahaman tata cara haji dan umrah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menyambut baik kegiatan ini. Dia mengatakan peragaan manasik haji dalam rangka mengenalkan lebih dini rangkaian ibadah haji kepada peserta didik.

“Peragaan manasik haji sebagai wahana pengenalan lebih dini kepada anak didik tentang rangkaian ibadah haji. Mengenalkan kepada anak didik bahwa rukun Islam yang sangat dinantikan adalah ibadah haji. Rukun Islam yang paling mudah adalah ibadah haji, cukup wukuf di Arafah sudah menjadi haji,” tutur Kepala Kankemenag, Taufik Rahman.

Kepada para guru, Taufik menghimbau untuk mengenalkan rangkaian ibadah haji dan maksud serta sejarahnya. Bagaimana melaksanakan Sa’i antara bukit Shafa dan Marwah sebagai refleksi Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS saat mencari air untuk bayinya, Ismail AS. Hal seperti itu harus disampaikan kepada anak didik.

“Itu juga bisa diartikan dalam mencari rejeki dimana saja harus dicari, soal tempatnya bukan disitu, itu haknya Allah. Kita harus bekerja dengan penuh ikhlas, tanpa mengharapkan honor sebagai tujuan utama. Mari kita ikhlas dalam memberikan ilmu kepada anak didik,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Taufik mengajak untuk sekolah di madrasah untuk membentuk anak yang berakhlakul karimah. Tidak rugi sekolah di madrasah, disamping mendapat ilmu umum juga ilmu agama.

Seusai sambutan dari Kepala Kankemenag, peserta peragaan manasik kembali melanjutkan kegiatan yang pada saat sambutan sedang melakukan wukuf di Arafah. Peragaan manasik haji turut disaksikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala UPPK, Kepala KUA Kecamatan Moga, dan Pengawas MI Kecamatan Pulosari, Moga, Warungpring, dan Belik. (fi/rf)