Menjadi Anggota PMR Akan Memupuk Jiwa Solidaritas Yang Tinggi

Sragen- Langkah besar dilakukan MIN 1 Sragen, hal itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama (MOU) dengan pihak PMI Kabupaten Sragen. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut, MIN 1 Sragen mengadakan pelantikan dan pelatihan Palang Merah Remaja (PMR) Mula di aula madrasah, Jumat (02/11).

Kepala MIN 1 Sragen, Ruslan Haifani, mengungkapkan dalam sambutannya bahwa ekskul PMR akan menjadi salah satu ekstra kurikuler unggulan di madrasahnya. Ruslan mengajak siswa-siswi anggota PMR agar menjadi penolong dan pelopor dalam kebersihan, kesehatan dan kedisiplinan di madrasah. Ekskul ini juga nantinya diharapkan mampu mengimplementasikan pendidikan karakter kepada para siswa mengenai sikap peduli, suka menolong, mandiri, disiplin, dan kompak.

“Anak-anak harus semangat menjadi PMR Mula. Timba ilmu sebanyak-banyaknya dari pelatihan ini. Dengan kalian mengikuti PMR, minimal kalian bisa menolong diri sendiri dan kemudian mampu menolong orang lain,” harap Ruslan.

Sementara itu Suwarno, selaku ketua PMI Kabupaten Sragen mempertegas dalam sambutannya bahwa ada kata-kata yang sering dipopulerkan oleh PMR yaitu tolong, terima kasih, aku bangga padamu, dan apa yang bisa kubantu. Hal itu semakin mempertegas bahwa PMR membangun kepribadian yang berjiwa penolong.

Senada dengan ketua PMI Sragen, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Sragen, H. Sutopo saat diminta komentar di ruang kerjanya juga menyampaikan bahwa PMR itu hendaknya menjadi ekstrakurikuler yang penting untuk diadakan, karena sebagai salah satu tempat memupuk rasa kepedulian kepada sesama.

“Menjadi anggota PMR itu sungguh mulia dan banyak manfaatnya. Dengan menjadi anggota PMR kalian akan menjadi pribadi yang penuh empati, suka menolong kepada sesame sebagaimana slogan PMI setetes darah anda nyawa bagi sesama” jelas Sutopo.

Pelantikan dan pelatihan tersebut diikuti oleh 70 siswa yang mengikuti ekskul PMR. Dalam pelatihan tersebut, para siswa dibekali materi pokok yang wajib dipahami oleh anggota PMR. Materi tersebut mencakup 7 poin yaitu mengenal Gerakan PMR Mula, Pertolongan Pertama, Kepemimpinan, Donor Darah, Remaja Sehat Peduli Sesama PMR, Kesehatan Remaja dan Ayo Siaga Bencana.(rus/ira/rf)