Menjadi Kepala KUA Kecamatan, Perlu Miliki 3 Kompetensi Manajerial

Banjarnegara –  Selasa siang (08/01) usai kegiatan Tasyakuran dalam Rangka HAB Kemenag di Golden Room Hotel Surya Yudha, Kakankemenag Banjarnegara, H. Masdiro, melantik 2 Kepala KUA Kecamatan, di Aula Kantor Kemenag Banjarnegara yang termasuk lama tidak terisi.

Ucapan selamat disampaikan kepada Kepala KUA yang baru dilantik, yakni Heri Purnomo Adi, SH. yang di tempatkan di Kecamatan Kalibening dan Tabah Agung Sokayani, S.Ag untuk Kecamatan Pejawaran. Keduanya sebelumnya menjabat Kepala KUA Kecamatan di Kabupaten Cilacap.

“Setiap jabatan adalah amanah, dan setiap amanah akan di minta pertangguangjawabannya,” ucap Kakankemenag mengawali sambutan dan pembinaan singkat.

Menjadi kepala KUA minimal memiliki 3 Kompetensi Manajerial yakni, Kompetensi Manajerial Personal yang berhubungan dengan kepemimpinannya dalam memimpin staf yang berada di wilayahnya. Kedua Kompetensi Manajerial Finansial diperlukan untuk pengelolaan keuangan yang di anggaran oleh pemerintah.

Sedangkan Kompetensi Ketiga adalah Kompetensi Sosiakultural, dimana seorang kepala KUA bisa menempatkan diri di tengah masyarakat dan bisa memberikan layanan kepada masyarakat yang memiliki karektertistik berbeda-beda.

“Kepala KUA Kecamatan harus bisa memberikan statemen yang benar dan tidak menimbulkan masalah di lingkungan masyarakat,” ucapnya.

“Dengan kondisi Infrastruktur Kantor KUA Kecamatan yang membaik dan bagus, di harapkan juga di imbangi dengan perbaikan pelayanan. Harapan pelayanan prima diterapkan, salah satunya “Sumeh” dalam memberikan layanan dan tidak membedakan/ diskriminasi,” tambahnya.

Kakankemenag berpesan, kepada Kepala KUA untuk bisa segera beradaptasi dengan tempat yang baru, suasana baru, juga berpegang pada reformasi birokarasi melayani masyarakat secara prima.(Nangim/Sua)