Meriahkan HAB Kemenag ke 73, Kankemenag Sragen Adakan Olimpiade 5 Mapel

Sragen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen terus berupaya meningkatkan kualitas madrasah, hal ini terbukti dengan mendorong semua madrasah untuk aktif dalam berbagai perlombaan/olimpiade yang diadakan. Sebagai bukti kepedulian atas upaya peningkatan kualitas madrasah khususnya MI, Kankemenag Sragen mengadakan olimpiade 5 mata pelajaran untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Demikian disampaikan Kakankemenag Sragen yang diwakili Kasi Pendidikan Madrasah H. Sutopo saat memberikan sambutan pada apel bersama sebelum pelaksanaan lomba di MIN 9 Sragen, Selasa (18/12).

“Setiap madrasah harus berkompetisi secara aktif, baik dengan sesama madrasah maupun dengan yang lain. Semua madrasah harus bisa menunjukkan keunggulannya. Manfaatkan lomba lomba yang ada untuk mengasah ketrampilan dan kepintaran. Dengan mengikuti KSM, OSN dan perlombaan lain, selain bisa mengukur kompetensi para siswa, juga akan meningkatkan nilai madrasah dihadapan masyarakat,” ujar Sutopo.

Sementara itu, panitia perlombaan, H. Ahmad Mudhofar Hasan menuturkan bahwa acara ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 73 tahun 2019. Mudhofar juga menyampaikan bahwa perlombaan ini diikuti oleh perwakilan siswa dari 76 MI di Sragen.

“Acara tahunan yang menjadi puncak kegiatan lomba adalah Olimpiade Mapel dalam rangka Hari Amal Bakti. Ini adalah amanat kepada kami untuk selalu dilaksanakan tiap tahun. Keseriusan peserta dari tahun ke tahun semakin meningkat, demikian juga kualitas penyelenggaraan lomba lebih meningkat,” kata Mudhofar.

Dengan 5 lomba yang diadakan, kami berharap ini juga bisa menjadi gambaran tingkat keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di madrasah, sehingga madrasah bisa menentukan arah mata pelajaran apa  yang harus lebih ditingkatkan.

Berikut daftar juara 1 olimpiade mata pelajaran tingkat Kabupaten Sragen sebagai berikut :

1. Lomba Mata Pelajaran Matematika, M. Ikhsan Zaky (MIN 9 Sragen)

2. Lomba Mata Pelajaran IPA, Azalia Manda Kirana (MIM Ngembatpadas)

3. Lomba Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Manda Aqsiya Pramesti ( MIN 9 Sragen)

4. Lomba Mata Pelajaran IPS, Deviana Mutiara Asy Syifa(MIM Ngembatpadas)

5. Lomba Mata Pelajaran PAI, Ananda Rifai ( MIN 9 Sragen)

Kasi Pendidikan Madrasah selanjutnya menyampaikan bahwa dalam wajtu tidak lama jenjang MTs dan MA akan mengadakan lomba sejenis untuk memeriahkan HAB Kemenag ke 73. (ira/wiy/Wul).