MIN 1 Kebumen Peringati Harlah Pancasila

Kebumen-Keluarga besar MIN 1 Kebumen peringati hari lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera, Kamis (1/6). Peserta upacara adalah guru, karyawan, dan siswa siswi MIN 1 Kebumen dengan petugas upacara yang merupakan siswa siswi yang terpilih dan telah dilatih beberapa hari sebelum upacara dilaksanakan. Sebagai Pembina upacara Odi Soduwuh yang juga Kepala Madrasah.

Dalam sambutannya Odi Soduwuh mengatakan bahwa sebagai bangsa Indonesia kita harus menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup. “Pancasila adalah dasar perjuangan, pedoman hidup, way of life bagi seluruh bangsa Indonesia,” ucapnya.

Upacara yang dilaksanakan di halaman MIN 1 Kebumen berjalan lancar. Meskipun dalam suasana puasa Ramadhan, namun peserta upacara tetap hikmad mengikuti jalannya upacara sampai selesai. Hanya beberapa anak yang merasa pusing, namun tidak sampai mengganggu jalannya upacara karena beberapa petugas sigap menanganinya dengan segera.

Peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni diharapkan dapat menjadi momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Karena dalam sejarah, Pancasila telah terbukti dapat menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. Peringatan hari lahir Pancasila yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan juga diharapkan dapat dijadikan sarana untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Meskipun kita berbeda-beda tetapi tetap satu jua, Bhineka Tunggal Ika, pungkas Odi.(pt/ks/af)