MIN 2 Sukoharjo Siapkan Diri Menuju Adiwiyata Mandiri

Sukoharjo – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo telah berhasil meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2018 yang pengukuhannya dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada akhir Desember tahun kemarin. Usai meraih predikat tersebut, MIN 2 Sukoharjo berhak untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu sekolah adiwiyata mandiri.

Berbagai usaha dilakukan MIN 2 Sukoharjo untuk meraih adiwiyata mandiri dan salah satunya adalah melakukan penataan tanaman khususnya tanaman buah. Berbagai tanaman buah memang tumbuh subur di halaman madrasah dan yang paling dominan adalah tanaman buah kelengkeng. Sudah tak terhitung berapa kali tanaman tersebut berbuah dan hasilnya dinikmati oleh warga madrasah.

Ketua tim adiwiyata MIN 2 Sukoharjo, Anton Purwoko, ketika ditemui disela kesibukannya bersama tim dalam merapikan beberapa tanaman di Halaman madrasah Selasa (29/01) menyatakan, penataan tanaman telah diprogram secara rutin dan terjadwal. Setiap musim buah berakhir, peremajaan dahan segera dilakukan supaya dahan dan daun baru bisa segera tumbuh dan menghasilkan buah yang banyak.

 “Kami sudah mempunyai tim khusus untuk menata tanaman khususnya tanaman buah. Mereka sudah pengalaman dalam merapikan dan menata berbagai tanaman di madrasah ini,” papar Anton. Ia juga menjelaskan bahwa penataan tanaman juga melibatkan siswa sehingga mereka juga merasa memiliki tanaman di madrasah.

Anton bertekad untuk bisa membawa MIN 2 Sukoharjo meraih predikat adiwiyata mandiri. Beberapa rencana dan program baik untuk siswa maupun madrasah telah disiapkan. “Kami akan kembali melibatkan berbagai unsur madrasah termasuk masyarakat, karena MIN 2 ini telah menjadi bagian dari masyarakat tidak hanya Sukoharjo tetapi juga kabupaten sekitarnya,” tandasnya.

Sementara itu Kepala MIN 2 Sukoharjo, Danuri, berharap madrasahnya bisa kembali berperan terhadap Kabupaten Sukoharjo dalam meraih Adipura. Menurutnya persiapan adiwiyata selaras dengan persiapan Adipura. “MIN 2 ini telah dijadikan salah satu titik penilaian adipura. Semenjak madrasah ini dilibatkan meraih adipura, Alhamdulillah Kabupaten Sukoharjo bisa meraih adipura tiga tahun berturut-turut,” ujar Danuri. (Pry-Djp/gt)