Mi’raj Merupakan Sarana Bentuk Karakter Dan Budi Pekerti Siswa

Surakarta – MTsN Surakarta 1 menggelar pengajian untuk memperingati Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW  1440 H di halaman madrasah pagi hari, Jumat (5/4). Peringatan Hari Besar Islam di MTsN Surakarta 1 terselenggara atas kerjasama OSIS dengan seksi agama MTsN Surakarta 1. 

Acara yang dihadiri seluruh siswa dan para guru madrasah itu menghadirkan Ustaz Ahmad Yani sebagai pengisi tausiyah. Seksi Agama MTsN Surakarta 1, Sumarno dalam sambutannya mengatakan,“Kegiatan ini  mengenalkan anak pada peristiwa keagamaan dan penanaman akidah. Dengan menyimak tausiyah ini mereka dapat mengingat dan mengamalkan materi yang disampaikan,“ ujarnya.

Ia menambahkan, peringatan Isra’ Mi’raj juga merupakan salah satu sarana untuk membentuk karakter dan budi pekerti siswa.

Kepala MTsN Surakarta 1 Kirno Suwanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa  melalui momentum peringatan Isra’ Mi’raj dapat meningkatkan akhlak dan budi pekerti seluruh civitas akademika MTsN Surakarta 1 dengan keteladanan Rasulullah SAW.  “Semoga kita dapat memetik hikmah peristiwa Isra’ Mi’raj untuk kehidupan kita sehari-hari, “harapnya.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Ahmad Yani menerangkan tentang prinsip hidup; dua S yaitu sabar dan syukur. “Kedua hal tersubut harus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sabar dan syukur juga digunakan untuk keseimbangan hidup. Dengan kedua hal itu juga kita dapat menikmati hidup dengan berpedoman pada agama,” katanya.

Salah satu wakil ketua Osis MTsN Surakarta 1 Naima, mengatakan,“Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat , semangat dan pantang menyerah rasulullah bisa menjadi contoh dan teladan bagi kita dalam meraih cita-cita. Selain itu bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta ketakwaaan dan perilaku yang baik, “ paparnya. (Diana-rma/bd)