MTs N 1 Pekalongan Adakan Rapat Persiapan PAS dan Sosialisasi RDM

Kabupaten Pekalongan-Dalam rangka menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun Pelajaran 2021-2022, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekalongan menggelar rapat  persiapan Penilaian Akhir Semester Gasal sekaligus Sosialisasi Raport Digital Madrasah (RDM) bersama seluruh guru madrasah pada Hari Selasa, 23 November 2021 pukul 12.30 WIB            (setelah KBM) bertempat di ruang guru.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kepala MTs N 1 Pekalongan yang diwakili oleh Waka Kurikulum Eni Muhanah, S.Pd menyampaikan bahwa dalam kegiatan rapat ini ada dua agenda yang akan dibahas, diantaranya adalah koordinasi pelaksanaan Penilaian Akhir Semester gasal dan Sosialisasi penggunaan aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM).

“Persiapan dan Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Gasal ini harus benar-benar kita sukseskan dengan kerja sama yang baik serta tanggung jawab dalam setiap tugas yang sudah ditetapkan dalam kepengurusan kepanitiaan, Pelaksanaan PAS semester gasal ini di Mulai hari Senin, 29 November hingga 7 Desember 2021.” ujar Eni Muhanah.

“Pelaksanaan PAS tahun ini dilaksanakan dalam dua Sesi, Sesi yang pertama peserta didik dengan absen ganjil, sesi kedua peserta didik dengan absen genap,” terangnya.

“PAS merupakan bagian dari evaluasi yang bertujuan untuk mengukur dan menilai kompotensi peserta didik, sehingga mereka dapat melanjutkan pembelajaran pada semester berikutnya. Selain itu ujian PAS juga bisa untuk memantau kemajuan belajar mereka selama proses belajar berlangsung, untuk memberikan umpan balik guna penyempurnaan program pembelajaran,” tambahnya.

Eni Muhanah juga menjelaskan kepada seluruh dewan guru tentang penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) agar semua guru dapat memahami serta menggunakan aplikasi yang sudah dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia secara baik dan benar guna untuk memudahkan dan lebih meningkatkan pengetahuan teknologi digital khususnya dilingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Semoga aplikasi RDM tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan kemudahan kepada para guru. Beliau juga menekankan bahwa RDM merupakan program madrasah digital di Kementerian Agama yang berguna untuk memberikan layanan yang cepat, tepat dan akurat kepada seluruh warga madrasah,” tuturnya.

Eni Muhanah menjelaskan bahwa di RDM terdapat pelaporan nilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Bobot nilai pengetahuan bisa di atur sesuai ketentuan madrasah dan mata pelajaran masing-masing antara nilai harian dan nilai PAS. RDM merupakan aplikasi online dan bisa diisi oleh bpk ibu guru dari manapun tempatnya asal ada jaringan internet. Dan ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan aplikasi rapot ARD yang  pernah digunakan sebelumnya, yang pengisiannya harus dalam ruang tertentu.

Di akhir kegiatan tersebut, Eni menegaskan kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar selalu mengingatkan kepada peserta didik untuk menjaga kesehatan dalam menghadapi ujian PAS yang tidak lama lagi akan dilaksanakan. (US-IY/Ant/bd).