MTs Negeri Slawi ikuti Sosialisasi Persiapan UNBK

Slawi -Sebagai satuan pendidikan setingkat SMP yang siap menggelar kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal yang diwakili oleh kepala madrasah, 1 proktor utama, dan 1 teknisi, mengikuti sosialisasi persiapan UNBK yang diselenggarakan pada Senin pagi (15/01),  di aula serba guna SMP. Negeri 1 Slawi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tegal Taufik Hidayat, Kasi Kependidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tegal Marwanto, Staf Kependidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tegal Imam Aziz Darwanto, Kepala SMP Negeri 1 Slawi Alfatah, serta selaku tamu undangan kepala sekolah/madrasah beserta proktor dan teknisi.

Dalam sambutannya, Taufik Hidayat selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tegal, yang juga merupakan ketua dari pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Di Kabupaten Tegal mengungkapkan beberapa agenda yang telah dilaksanakan beserta jajarannya.

"Beberapa waktu yang lalu, kami dari tim dinas telah memverifikasi sejumlah 37 sekolah/madrasah yang siap menggelar UNBK pada tahun ini. dan Alhamdulillah kami melihat di lapangan, walaupun belum 100%, kami dengan tim punya penilaian bahwa seluruhnya layak untuk menggelar UNBK secara mandiri," ungkap Taufik Hidayat.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini utamanya bertujuan untuk memetakan beberapa persiapan yang harus dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. "Kita disini mencoba mencari langkah-langkah untuk menuju UNBK. Memang kami yakin bahwa yang kemarin sudah menggelar UNBK, tahun ini tidak punya beban yang berat karena tinggal melanjut saja," tambahnya.

Kemudian kepada satuan pendidikan yang baru akan menggelar UNBK pada tahun ini, diharapkan oleh Taufik untuk tidak henti-hentinya saling sharing, meminta berbagi pengalaman dengan satuan pendidikan yang telah menggelar UNBK pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dari langkah tersebut, diharapkan kendala yang muncul akan segera teratasi.

Sementara itu, menurut Kasi Kependidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tegal Marwanto, mengungkapkan juga tujuan utama digelarnya acara tersebut, serta menyambut baik terhadap peningkatan yang cukup signifikan dari peserta UNBK tahun ini, utamanya di Kabupaten Tegal.

"Bapak ibu kami undang, itu untuk memusyawarahkan kesiapan penyelenggaraan kegiatan UNBK di tahun pelajaran ini. Kalau dilihat dari peserta UNBK sekarang, itu ada peningkatan yang cukup signifikan meskipun belum mendekati target pemerintah yang 70% ikut UNBK," tutur Marwanto.

Dijelaskan pula oleh Marwanto, bahwa target tersebut sebetulnya cukup berat. Karena untuk menyelenggarakan UNBK itu memang segala persiapannya tidak sedikit. Namun Ia optimis bahwa satuan pendidikan akan tetap termotivasi untuk menggelar UNBK.

Pada kesempatan berikutnya, Ia mengapresiasi dengan apa yang satuan pendidikan upayakan untuk memilih menggelar kegiatan UNBK,"Kami mengapresiasi kepala sekolah/madrasah yang berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan UNBK di tahun pelajaran 2017/2018 ini," jelas Marwanto. (akb/rf)