Nuansa Hari Kartini di Isi KUA Dengan Kegiatan Bersih Masjid Sambang TPQ

Wonogiri – Nuansa Peringatan Hari Kartini yaitu dalam rangka mengenang perjuangan RA Kartini, tidak harus identik dengan kebaya, lomba memasak, beskap  dan  lomba fashion tetapi bagaimana tugas kita meneruskan perjuangan beliau, terus berkarya dan memberikan kontribusi aksi yang bermanfaat bagi masyarakat ataupun umat.

Salah satu karya konkret di lakukan oleh KUA Kecamatan Giriwoyo adalah mengadakan kegiatan membersihkan Masjid di Kecamatan Giriwoyo sekaligus memberikan bantuan peralatan kebersihan yang di ikuti ASN KUA, Penyuluh Agama Islam serta bekerjasamana denga BADKO TPQ Kecamatan dan Takmir Masjid.

Tidak hanya kegiatan tersebut yang di lakukan KUA pada tanggal 21 April 2017 kemarin, di motori penyuluh agama Islam fungsional (PAIF), Anida Safitri dan Munawir juga mengadakan kegiatan sambang TPQ se Kecamatan dengan tujuan memberikan motivasi kepada para asatidz dan para santri sekaligus sebagai ajang monitoring mana TPQ yang eksis dan yang tidak.

“Gema peringatan hari Kartini menggaung sampai ke daerah, namun bersamaan dengan momentum hari kartini tersebut KUA Giriwoyo mengadakan kegiatan yang berbeda dengan biasanya yaitu lebih bersifat sosial dan keumatan yaitu bersih-bersih masjid dan sambang TPQ” ujar Misbahudin.

Selain itu menurut H. Misbahudin, kegiatan tersebut juga dalam rangka memantapkan peran Kantor Urusan Agama kecamatan sebagai etalase terdepan Kementerian Agama, karena baik buruknya instansi ini dipengaruhi oleh performance atau kinerja KUA yang keberadaannya di setiap kecamatan, KUA Garda terdepan dalam membangun citra atau image Kemenag. KUA  langsung memberi pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk itu lembaga di lingkungan Kemenag diharapkan bisa menciptakan citra lembaga (corporate image) menjadi baik serta secara aktif melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan kepada masyarakat atau kepada media baik cetak atau elektronik. Sehingga peran Kemenag dalam pelayanan kepada masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat disamping sebagai perimbangan terhadap berita-berita miring yang menyudutkan Kementerian Agama.

“Sehingga bertepatan peringatan hari kartini sedikit kontribusi pemikiran dari KUA bisa di rasakan Jamaah Masjid dan TPQ yang ada di wilayah kecamatan Giriwoyo” jelas Misbahudin. (Mursyid_Heri)