Nulis Berita Butuh Kesungguhan

Demak – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak mengadakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Kehumasan dan layanan Publik.  Rakor dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala itu lebih menitikberatkan pada penulisan berita, Kamis (04/05).

Rakor diikuti 35 peserta terdiri dari : 6 dari seksi dan penyelenggara syariah Kantor Kementerian Agama Kab. Demak, 14 utusan dari Kantor Urusan Agama se-Kab. Demak, 1 dari MAN Demak, 5 dari MTsN se Kab. Demak, 7 utusan dari MIN se Kab. Demak dan 1 dari Kelompok Kerja Penyuluh ( POKJALUH ) Kan Kemenag Kab. Demak.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak Muhaimin menyampaikan keprihatinannya karena dalam konstribusi berita ke website Kanwil masih minim, menurut data rekapitulasi konstribusi berita Kab./Kota se-Jawa Tengah Kabupaten Demak berada diurutan ke- 24.

“Selaku pimpinan kami prihatin dan malu, progress Kankemenag Demak masih dalam urutan 25 besar, kami berharap kedepan akan lebih ditingkatkan,” ucap Muhaimin.

Muhaimin berharap setelah selesainya Rakor pengelolaan kehumasan dan layanan public, semua peserta baik dari Unit Pelaksana Tugas (UPT) atau dari Satuan Kerja (Satker) dijajaran Kementerian Agama Kab. Demak bisa ikut andil dan aktif dalam memberikan konstribusi berita.

“Satker maupun UPT harus ada pegawai yang ditugasi untuk meliput dan merilis berita,” harapnya.

“Ada dua manfaat yang bisa diambil dengan publikasi berita, yakni konstribusi berita ke website Kanwil terpenuhi dan citra positif Kementerian Agama Kab. Demak akan diketahui public,” imbuhnya.

Acara Rakor tersebut menghadirkan narasumber Kasubag Informasi dan Humas dan Pranata Humas dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, yang memberikan materi tentang Peran dan Fungsi Publikasi Di Kementerian Agama dan Teknis Penulisan Berita, hal ini dimaksudkan agar peserta yang awalnya belum mengetahui sama  sekali tentang menulis berita, dengan materi tersebut,  peserta akan mendapatkan ilmu tentang teknik penulisan berita.

“Mari ikuti dengan sungguh-sungguh dan serap ilmu sebanyak-banyaknya serta refleksikan ilmu tersebut dengan baik,” pungkasnya. (msfk-tgh/gt)