Optimalkan Kekuatan Kinerja Kita Dengan Produktivitas

Surakarta -Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran. DIPA disusun berdasarkan Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja pemerintah pusat. DIPA berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran setelah mendapat pengesahan.

Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi realisasi Anggaran Triwulan III 2018. Dibuka oleh  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta  Musta'in Ahmad di Aula Kantor, Selasa (25/9). Rapat koordinasi diihadiri oleh seluruh pejabat dan pengelola DIPA semua satker di lingkungan Kankemenag Kota Surakarta, dan semua madrasah negeri.

Musta'in Ahmad dalam pembukaannya  mengaku bangga atas kinerja berbagai bidang yang ada di KanKemenag Surakarta saat ini, antara lain dari pengelolaan website, UPZ, baznas, KUA dan masih banyak lagi. Beliau berharap agar kedepannya bisa terus meningkat dan bisa mendapatkan penghargaan, terlebih lagi penghargaan serapan dipa. 

“Kekuatan kinerja kita sangatlah besar, sehingga perlu kita optimalkan, saya juga mendorong para pegawai untuk lebih produktif dan bisa meningkatkan kinerja pegawai di bidangnya masing-masing sehingga bisa meraih prestas atau penghargaan ” Ujar Musta'in.

Diharapkan, melalui kegiatan rapat koordinasi ini setiap satuan kerja yang ada di Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta dapat menyusun ulang agenda kegiatan dan menentukan langkah-langkah apa saja yang diperlukan guna memperlancar pelaksanaan kegiatan dan anggaran DIPA Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta.

“Realisasi pelaksanaan atau penyerapan anggaran suatu satker merupakan ukuran kinerja sebuah instansi pemerintah”, ucap Musta’in.

“Kegiatan yang bersumber dari dana DIPA harus di lakukan evaluasi dan koordinasi sehingga semua kegiatan dapat menjamin bahwa pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik”, lanjut Musta’in.

Dalam rakor kali ini seluruh satker baik dari MAN, MTsN dan MIN di lingkungan KanKemenag Kota Surakarta menyampaikan data serapan anggaran belanja yang telah disahkan dan juga kendala apa saja yang dialami oleh pelaksana anggaran masing-masing sekolah. Rapat koordinasi ini sekaligus untuk persiapan Rapat koordinasi Tingkat Provinsi Se karesidenan Surakarta. (rma/bd)