OSIM Dan DKG MTsN 2 Rembang diberi bekal kepemimpinan

Rembang – Guna memberikan bekal kepemimpinan, MTsN 2 Rembang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan bagi pengurus OSIM dan Pramuka. Acara yang digelar baru-baru ini bertujuan untuk  membentuk pemimpin yang memiliki kematangan emosi, leadership, pengendalian diri dan komunikasi yang efektif.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Pembina OSIM, Pembina Pramuka dan Dewan Guru yang bertugas sebagai nara sumber. 

Kepala MTsN 2 Rembang, Srianto mengatakan, salah satu program madrasah yang dilakukan dalam mengembangkan potensi diri peserta didik MTs Negeri 2 Rembang adalah dengan mengadakan LDK. Kegiatan ini diikuti oleh 67 siswa yang terpilih sebagai calon  pengurus OSIM (Organisiasi Siswa Intra Madrasah) dan DKG (Dewan Kerja Gudep) masa bakti 2018/2019.

 “Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada pengurus OSIM dan DKG baru yang nantinya akan menjadi pemimpin seluruh kesatuan OSIM MTs Negeri 2 Rembang. Kami berharap, kegiatan ini dapat membentuk karakter siswa berjiwa pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab, ” ujarnya. 

Menurut Srianto, pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar dimasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat. “LDK  merupakan tahap yang harus dilewati atau harus diikuti siswa sebelum ia menjadi anggota OSIM dan DKG. Semua siswa harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan dan apabila ada yang melanggar, sangsi pun diberlakukan,” lanjut Srianto.

Hal senada yang di sampaikan oleh Pembina OSIM, Wiwin Winarni selaku ketua panitia berharap hasil dari pelatihan ini mampu menjadikan siswa-siswi MTs Negeri 2 Rembang menjadi pemimpin yang islami. “Pengalaman organisasi kecil di tingkat madrasah, akan membuat calon para pemimpin ditempa cara berpikir, bersikap dan bertindak hingga menjadi pemimpin besar,” ungkapnya. – wient/iq/bd