Pais Adakan Sosialisasi PPKB Dan Simulasi PKG Online

Batang – Program Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan (PPKB) merupakan penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir,kepangkatan dan jabatan, demikian ditegaskan Kasi Pais dalam sambutannya pada sosialisasi PPKB dan Simulasi PK Online di aula Koperda Kemenag Kab. Batang pada Senin, (15/10) kemaren.

Lebil lanjut Slamet Kasi Pais Kemenag Kab. Batang mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Guru PAI dan Pengawas PAI se kabupaten Batang, dimana pelaksanaanya hanya satu hari saja.

“Sosialisasi PPKB dan Simulasi PK Online ini diikuti oleh Guru PAI dan Pengawas PAI se kabupaten Batang yang pelaksanaanya hanya satu hari saja”, jelasnya.

Slamet juga menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan agar semua guru PAI dan Pengawas dapat mengoperasikan aplikasi PKG online yang didalamnya termasuk evadir dan pemetaan kompetensi GPAI sehingga diharapkan keadaan pengawas dan Guru PAI dapat terdata serta diketahui sejauh mana guru PAI baik PNS maupun Non PNS yang sudah mendapatkan TPG maupun belum mendapatkan TPG, mampu meningkatkan kompetensi sebagai Guru PAI yang profesional.

“Tujuan kegiatan ini agar guru PAI para Pengawas PAI dapat mengoperasionalkan aplikasi PKG online, juga diharapkan adanya data yang valid tentang sejauh mana guru PNS maupun non PNS yang sudah mendapatkan sertifikasi maupun yang belum”, lanjutnya.

Sementara itu Kudaifah Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang, dalam sambutan pembukaanya menyoroti tentang kemajuan teknologi dan informasi yang begitu pesat hendaknya diikuti juga oleh sikap dan cara kerja guru PAI. Guru PAI tidak hanya menghadapi siswa dalam pembelajaran saja, namun lebih dari itu perkembangan teknologi itu salah satunya adalah diberlakukannya aplikasi PKG online yaitu aplikasi yang berisi tentang evaluasi diri dari seorang guru itu sendiri, dan ini merupakan amanat dari regulasi Ditjend Pais yang saat ini baru berbenah menuju bulan November sebagai bulan bakti Pais.

“Kemajuan teknologi yang begitu cepat menuntut guru PAI untuk mengikuti dengan kemampuan pribadinya, diantaranya adalah bahwa guru PAI harus bisa mengoprasikan aplikasi PKG online, yaitu aplikasi yang berisi tentang evaluasi diri”, katanya.

Kudaifah juga mengatakan bahwa pelaksanaan terintegrasi antara PKB-GPAI dan PKG online akan menciptakan guru yang mempunyai motivasi tinggi, berdedikasi tinggi, terampil dalam membangkitkan minat peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki integritas kepribadian yang tangguh, tingkat spiritual yang tinggi dan kepemimpinan yang tangguh untuk berkompetisi di era global.(Zy/rf)