PAUD Alquran, Upaya Mencetak Generasi Alquran Sejak Dini

Semarang – Untuk menguatkan legitimasi lembaga pendidikan keagamaan, perlu diselenggarakan Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ) formal. Dengan berstatus formal, LPQ akan mempunyai daya tawar yang lebih tinggi kepada masyarakat.

Peluang ini  rupanya dimanfaatkan oleh salah satu LPQ di Kota Semarang, yaitu LPQ Bustanul Qur’an yang berlokasi di Kecamatan Semarang Timur. LPQ ini didirikan sejak dua tahun lalu dan disebut sebagai PAUD Alquran (PAUDqu) Bustanul Qur’an.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kota Semarang, Mawardi mengatakan, PAUDqu Bustanul Qur’an merupakan satu-satunya LPQ formal yang ada di Kota Semarang.

Mawardi mengatakan, LPQ formal ini merupakan terobosan untuk menjadikan LPQ sebagai lembaga yang lebih kuat dan semakin dipercaya oleh masyarakat. “Kami harap akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi LPQ lainnya untuk melakukan hal serupa,” kata Mawardi ketika diwawancara Jumat (15/10) di ruang kerjanya.

Mawardi mengatakan, pihaknya bersama dengan Badko LPQ Kota Semarang akan menargetkan berdirinya LPQ formal minimal 1 PAUD Quran perkecamatan. “Ada beberapa LPQ yang sudah merintis. Kami berharap nantinya setiap kecamatan mempunyai di Kota Semarang mempunyai minimal 1 PAUD Quran,” katanya.

LPQ formal atau PAUD Alquran di bawah naungan Kementerian Agama ini ini ditujukan bagi anak berusia 4-6 tahun. Adapun pendiriannya merujuk pada Keputusan Dirjen Pendis Nomor 91 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Alquran.

Mawardi berharap, dengan adanya PAUD Quran ini, akan berpartisipasi mencetak generasi Alquran sejak dini. “Dengan adanya PAUD Alquran, kami harapkan animo masyarakat terhadap lembaga ini semakin tinggi. Sehingga akan semakin banyak tercetak genarasi Alquran sejak dini,” pungkasnya. (iq/bd)