Pejabat Baru Segera Koordinasi Dan Konsolidasi di Tempat Tugas Baru

Temanggung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung  melantik dan mengambil sumpah jabatan  Pejabat  Eleson IV  di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan sekaligus serah terima jabatan.  Bertindak sebagai saksi, Ka Subbag TU,  Yusuf Purwanto, dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H. Thowaf ,  sedangkan Rohaniawan Kasi Bimas Islam, Ahmad Sugijarto.

Acara Pelantikan, dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Jum’at (19/01), dihadiri oleh para Kepala KUA, Kepala MAN, MTsN dan MIN, Pengawas, serta seluruh Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung,  Saefudin, dalam arahannya mengatakan, tidak semua ASN dapat diangkat menjadi seorang Pejabat, sebab salah satu syaratnya adalah harus lulus assesment yaitu suatu proses untuk mengetahui kemampuan seseorang, terhadap suatu kompetensi berdasarkan bukti-bukti. Asesment juga dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi kinerja atau prestasi seseorang.

"Kepada para pejabat yang baru dilantik, dimohon untuk segera sosialisasi dan konsolidasi dengan para pegawai di tempat tugas yang baru", ungkapnya.

Dalam sambutannya Saefudin  menyampaikan, bahwa Rotasi atau mutasi jabatan adalah hal biasa dan bukanlah hal yang luar biasa. Mutasi dan rotasi jabatan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan institusi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu dalam birokrasi perlu adanya penyegaran agar tidak timbul rasa jenuh yang mengakibatkan mengurangi efektifitas dan kualitas kerja itu sendiri. Itulah sebabnya penting bagi para pejabat yang baru saja di lantik untuk terus mengembangkan pengalaman, ilmu dan meningkatkan kompetensi dirinya sehingga apa yang diharapkan oleh institusi dapat tercapai dengan baik . "Dan jangan lupa, untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait", tuturnya.

"Ketika menghadapi masalah yang belum dimengerti, para pejabat dimohon untuk menanyakan hal itu kepada ahlinya. Hal ini sesuai perintah Allah SWT dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 43 yang berbunyi Fas'aluu Ahla Dzikri in Kuntuk Laa Ta'lamuun (Bertanyalah kepada Ahli Ilmu jika kamu tidak tahu)", imbuhnya.

Selain itu, Saefudin  juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan selamat bertugas ditempatnya yang baru. Namun Saefudin  juga berpesan agar masing-masing membenahi terlebih dahulu sisa pekerjaannya yang lama agar pada saat pejabat yang baru melaksanakan tugasnya tidak terbebani lagi dengan tugas lama yang belum selesai, ujarnya.

Kepala Kementerian Agama mengucapkan selamat kepada para Pejabat yang baru dilantik dan berharap, semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diterima.

Sementara itu, para pejabat yang dilantik yaitu : Dra. Hj. Haryatiningsih, M.Pd.I  jabatan lama Penyelenggara Syari'ah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Jabatan baru Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung; Eko Widodo, M.Ag jabatan lama Kepala KUA Kecamatan Pringsurat  Kabupaten Temanggung, jabatan baru Penyelenggara Syari'ah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.(sr/rf)