Pekan Hari Pancasila, MTsN Sumber Adakan Jalan Santai

Rembang – Kondisi puasa tak menyurutkan semangat segenap peserta didik, staf, dan dewan guru MTsN Sumber untuk menggelar jalan santai. Kegiatan ini dilaksanakan pagi ini, (30/5). Para peserta menyusuri jalan desa sekitar sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Kepala MTsN Sumber, Supalal mengatakan, kegiatan jalan santai ini dilaksanakan berdasarkan surat Edaran dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tentang Gerakan Pembudayaan Pancasila dalam rangka Menyongsong Hari Lahir Pancasila tertanggal 22 Mei 2017 yang di antaranya dilayangkan kepada Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang dan Kepala Madrasah Negeri se-Kabupaten Rembang.

Dalam surat tersebut diterakan, kegiatan dalam rangka pekan Hari lahir Pancasila bisa dilaksanakan dalam bentuk upacara bendera, seminar, workshop, gerak jalan bersama, pramuka, dan kegiatan lain yang relevan.

“Kami sengaja menggelar gerak jalan santai ini untuk turut memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang kecintaan kita kepada tanah akhir dan mempertahankan idiologi bangsa, yaitu Pancasila,” kata Supalal.

Supalal mengatakan, kegiatan pekan Pacasila ini dilakukan selama sehari , yaitu pada hari ini, Selasa (30/5). Gerak jalan santai ini dilaksanakan usai pelaksanaan Upacara pagi tadi pukul 07.00 WIB.

Menurut Supalal, kegiatan jalan santai ini bertujuan untuk memberikan spirit kepada peserta didik untuk mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila. “Pancasila itu sudah sesuai dengan syari’at Islam dan sudah cocok diterapkan di Indonesia. Maka hingga kini, idiologi apa pun belum ada yang bisa menggantikannya,” tandas Supalal.

Supalal berharap, peserta didik bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan menjadi generasi bangsa yang bermanfaat, cerdas, dan mandiri. “Selalu lakukan hal-hal positif dan hindarilah hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan kalian dan masa depan bangsa,” pungkas Supalal. — (ss/bd)