Pelunasan BPIH Calon Haji Kabupaten Pati Hampir Tuntas

Pati – Sesuai data siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, calon haji Kabupaten Pati yang berhak berangkat dan diundang untuk melakukan pelunasan BPIH Tahun 2019 sebanyak 1.109 orang. Hal ini disampaikan Kepala Seksi PHU Kankemenag Kab. Pati, Abdul Kamid di ruang kerjanya, Senin (08/04)).

Dari jumlah tersebut, empat puluh orang diantaranya dipastikan mundur atau menunda pemberangkatannya ke tahun berikutnya dengan berbagai alasan. Ada yang wafat, sakit, atau mundur agar bisa berangkat bersama keluarganya. Dengan demikian, yang ditargetkan melakukan pelunasan tahun ini sebanyak 1.069 calon haji.

“Sampai dengan minggu ke-3 waktu pelunasan, sudah 974 calon haji yang melakukan pelunasan atau sekitar 91%,” imbuhnya.

“Diharapkan 95 orang calon haji yang belum melakukan pelunasan, akan menyelesaikannya pada minggu ke-4 atau minggu terakhir pelunasan,” harap Kasi PHU.

Oleh karena itu, mulai hari senin (8/4/2019) ini, Seksi PHU Kemenag Pati akan mengkonfirmasi dan mengingatkan jemaah yang belum melakukan pelunasan agar segera melakukan pelunasan. “Sebab kalau sampai tanggal terakhir pelunasan, mereka tetap belum melakukan pelunasan, maka yang bersangkutan otomatis menjadi daftar tunggu (waiting list) tahun berikutnya dan hak berangkatnya di tahun 2019 dialihkan kepada lansia dan penggabungan mahram yang tepisah tahun keberangkatan,”paparnya (Am/Wul)