Pembelajaran demokrasi bagi siswa-siswi MTs Negeri Kedu Temanggung

Temanggung – Untuk melatih siswa-siswi dalam berdemokrasi, maka MTs Negeri Kedu Temanggung melaksanakan Pemilu OSIS dan DEGA. Pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs Negeri Kedu pada tahun ini agak berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dibarengkan dengan pemilihan Ketua Dewan Kerja Pramuka Penggalang (DEGA). Kepala MTs Negeri Kedu Agus Salam mengatakan bahwa Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIS sebagai pembelajaran bagi siswa sebelum nantinya akan terjun di dunia yang sebenarnya yaitu kelak setelah dewasa. “Bagaimana anak-anakku nanti akan merasakan dan berpartisipasi penuh dalam proses pemilihan umum maupun Pilkada mulai dari proses pendataan, kampanye, pencoblosan sampai pada proses penghitungan suara,” ucap Kepala Madrasah.

Lebih lanjut Beliau mengharapkan bahwa kegiatan ini nantinya akan menghasilkan pemimpin atau calon pemimpin yang baik, amanat dan dipercaya oleh warga lingkungan madrasah. Agus Salam menambahkan “Tolong jangan sia-siakan amanat yang telah diberikan dan begitu juga sebaliknya agar semua elemen madrasah mendukung program yang dicanangkan oleh ketua terpilih.”

Sedangkan dari KPU yang diwakili oleh Dwi Wiwik Handayani (Komisioner KPU) menyampaikan bahwa dalam memberikan suara agar dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan dalam memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani, pilihlah pemimpin dengan melihat visi dan misinya karena dengan melihat visi dan misi yang disampaikan dalam kampanye akan terlihat kualitas calon pemimpin tersebut.

Dalam acara pembukaan disampaikan kenang-kenangan berupa CD pelaksanaan Pemilu tahun lalu yang diberikan kepada perwakilan dari KPU dan dialog langsung dengan siswa MTs Negeri Kedu dilanjutkan dengan sholat ghaib oleh seluruh siswa madrasah untuk para jama’ah haji yang meninggal dalam peristiwa lempar jumroh.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS serta Ketua dan Wakil Ketua Dewan Kerja Pramuka Penggalang diikuti oleh 3 (tiga) pasang calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS serta 3 (tiga) calon Ketua dan Wakil Ketua yang dibagi menjadi 3 (tiga) Tempat Pemungutan Suara (TPS). Perlengkapan TPS difasilitasi oleh KPU Kabupaten Temanggung.

Tiga pasangan calon Ketua dan wakil Ketua OSIS adalah Khadizik Hartono / Athok Khotami, Rifki Hubbul Faton/ Taufiq Al Mas’udi, Sifa Aulia Hanin/ Nailul Muna Zakia. Sedangkan tiga calon Dewan Kerja Pramuka Penggalang adalah Ali Saidi Rodhoya/ Ahmad Musyarof, Farkhan Khakiki/ Syafilda Widhatus Z, Arlina Purwanti/ Frian Aizah. Kemudian yang terpilih menjadi Ketua OSIS adalah pasangan Khadzik Hartono/ Athok Khotami, Ketua Dewan Kerja Pramuka Penggalang Ali Saidi Rodhiya/ Ahmad Musyarof. Dengan jumlah pemilih sebanyak 635 siswa.(Sur)