seminar Madrasah Digital di MAN 2 Brebes

Pembinaan dan Seminar Madrasah Digital Oleh Direktur KSKK di MAN 2 Brebes

Brebes – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Republik Indonesia beserta Kepala Kemenag Brebes kembali mengunjungi MAN 2 Brebes. Dalam kunjungannya kali ini, selain bersilaturahmi, KSKK juga mengadakan seminar program baru Madrasah digital. Hal ini dilakukan karena sebelumnya MAN 2 Brebes sukses melaksanakan program madrasah riset.

Kamis, sekitar pukul 09.00 WIB, Rombongan KSKK yang digawangi oleh Dr.H.Evi Sopandi, M.Pd didampingi Drs. H. Fajarin, M.Pd tiba di MAN 2 Brebes dan disambut meriah dengan penampilan Paskomando MAN 2 Brebes. Setelah itu, menuju ke Aula MAN 2 Brebes untuk mengadakan seminar madrasah digital.

Acara diawali, dengan sambutan kepala MAN 2 Brebes Drs.H.Lutfil Hakim, M.Pd.  “Terima kasih atas kunjungannya, semoga kunjungan dan pelaksanaan seminar madrasah digital kali ini memberikan gambaran  konkret tentang pengelolaan madrasah digital“. ucapnya

Pembinaan oleh  Direktur KSKK RI Prof.DR.H.Moh.Ishom, M.Ag dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Prof Ishom berhalangan hadir karena pada saat yang sama harus hadir pada kegiatan kenegaraan. Beliau menjelaskan pentingnya pelaksanaan madrasah digital. madrasah harus mampu mengikuti perkembangan dan kecanggihan  teknologi yang begitu pesat guna menyiapkan   peserta didik yang lebih melek teknologi , disamping cerdas, islami dan berakhlak mulia.

“Konsep madrasah digital harus bisa terealisasi mengingat perkembangan zaman dan teklnologi akan sangat mempengaruhi sikap dan perilaku peserta didik. Apabila peserta didik tidak dibekali dengan ilmu teknologi yang mumpuni bisa jadi mereka akan  tertinggal dan pada gilirannya madrasah tidak diminati lagi.” ujar H. Moh. Ihsom, M.Ag disela zoom meeting.

Senada dengan Direktur KSKK RI, Dr. H. Evi Sopandi, M.Pd juga mengingatkan bahwa peserta didik sekarang berbeda dengan peserta didik zaman dulu. Untuk sekarang, peserta didik lebih melek teknologi, sehingga kita sebagai Madrasah berkewajiban mewadahi hal tersebut.

“Kita sebagai penyelenggara pendidikan berkewajiban memfasilitasi perangkat yang diperlukan untuk menyelaraskan imbas pesatnya laju teknologi tersebut. Demikian juga madrasah harus mampu mewadahi  hasrat, bakat dan minat peserta didik sesuai zamannya,” ungkap H. Evi.

Selesai seminar madrasah digital, rombongan KSKK RI berkesempatan melihat produk kelas  robotik terbaru MAN 2 Brebes yang bernama MAS SELO yang juga diaplikasikan di kelas MIPA Riset. Selebihnya rombongan juga meninjau kelas IPS Animasi dan  Keagamaan Tanfidz.(ESW/Sua)