Pembinaan pada Apel Pagi, Kakanwil Ingatkan Komitmen Kebangsaan ASN

Kebumen – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Musta’in Ahmad berkesempatan menjadi Pembina Apel pagi di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Rabu (17/11). Apel pagi diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad menjelaskan bahwa apel pagi yang dilaksanakan setiap tanggal 17 adalah upaya untuk memperkokoh sikap  kesadaran  berbangsa,  bernegara,  dan cinta  tanah  air,   serta  meningkatkan  pengabdian,   tanggung  jawab,   dan disiplin Pegawai Aparatur Sipil  Negara Kementerian Agama.

“Komitmen kebangsaan tidak bisa ditawar lagi, maka jika ada ASN Kementerian Agama yang merasa berat untuk setia pada Negara Kesatuan Repeublik Indonesia, silahkan untuk keluar dari Kementerian Agama,” tandasnya.

Memaknai apel setiap tanggal 17 yang juga merupakan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia, Kakanwil mengartikannya sebagi symbol kekompakan untuk mencapai tujuan. Bahwa sebelum angka 7 pasti diawali dari satu terlebih dahulu, Musta’in Ahmad mengartikannya dengan makna bahwa jika ingin mencapai tujuan, maka harus bersatu untuk mencapai tujuan.

“Dengan kekompakan semuanya akan menjadi mudah dan ringan,” jelas Must’in Ahmad.

Oleh karena itu dia berpesan kepada seluruh ASN Kankemenag Kabupaten Kebumen bahwa setiap ASN itu penting dan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Ibarat komponen / onderdil sepeda moror, semuanya penting dan mempunyai fungsi masing – masing, semuanya saling terkait untuk menggerakkan roda sepeda motor tersebut untuk mencapai tujuan. “Artinya, setiap ASN pada dasarnya memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing,” pungkasnya.(fz).