Pembinaan Pegawai Meningkatkan Efesiensi dan Efektivitas Pelaksanaan Tugas

Temanggung  Kementerian Agama Kabupaten Temanggung  menggelar kegiatan Pembinaan Pegawai, Senin (3/7), bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dengan pembicara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Saefudin,  memberikan arahan pembinaan kepegawaian di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Menurut  Saefudin pembinaan kepegawaian di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung tersebut sangatlah penting bagi para pegawai. Sumber daya manusia dalam organisasi sangat penting karena sebagai motor penggerak dari seluruh kegiatan atau aktivitas dalam mencapai tujuan organisasi maupun untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi dalam mempertahankan eksistensi organisasi diawali dari mengelola sumber daya manusia, khususnya upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja pegawai. Kinerja maksimal dari pegawai menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara  terwujud bilamana organisasi dapat mengarahkan dan mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai sehingga pegawai mampu bekerja secara optimal. Motivasi dan disiplin erat kaitannya dengan kinerja pegawai. Motivasi dan disiplin yang langsung dirasa oleh pegawai dapat menurunkan kinerja ataupun meningkatkan kinerja pegawai. Pegawai yang merasa termotivasi dan disiplin terhadap pekerjaannya akan berdampak pada meningkatnya kinerja suatu organisasi secara keseluruhan.

Sumber daya manusia merupakan salah satu bagian yang mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi baik organisasi pemerintah maupun organisasi non pemerintah. Di era global sekarang ini, kebutuhan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas adalah  niscaya, mengingat peran yang sangat besar dalam organisasi. Sumber daya manusia adalah aset yang paling berharga dan paling penting dimiliki oleh suatu organisasi, karena itu keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh unsur manusia. Selanjutnya, Saefudin menegaskan agar para Pegawai senantiasa melaksanakan kewajibannya sebagai ASN yang bertanggung jawab kepada bangsa dan negara, dengan harapan agar pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Temanggung lebih semangat dalam menjalani aktifitas sehari-hari saat bekerja dengan menyeimbangkan hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pungkasnya.

Sementera dalam laporan panitia, Ahmad Sugijarto menyampaikan bahwa pembinaan tersebut dihadiri 150 orang peserta yang berasal dari Kasi/Penyelenggara, Kepala KUA, Pengawas, Kepala MAN, MTsN, MIN, Penyuluh Agama Fungsional, Karyawan/wati Kementerian Agama  Kabupaten Temanggung.

Sedangkan  tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan efensiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas, memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya, meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas, membantu pegawai menjadi lebih mandiri dalam hal melaksanakan pekerjaan yang menjadi tugasnya. “Pembinaan ini merupakan salah satu aspek penting dalam rangka mewujudkan birokrasi yang memiliki etos kerja profesional kerja, selain itu juga untuk mematuhi peraturan dan  bisa memberikan tanggung jawab sebagai seorang pegawai yang baik,” ujarnya.(sr/af)