Pembinaan Rutin ASN Bahas Tata Persuratan dan Peningkatan Rating Website

Salatiga — Pembinaan Rutin ASN Kankemenag Kota Salatiga yang dilaksanakan setiap awal bulan kembali digelar, Senin (03/05). Kali ini Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) berkesempatan menjadi petugas, dengan susunan acara yaitu pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al Qur’an, pembacaan 5 budaya kerja, kultum oleh penyuluh, laporan kegiatan dari Kasi PAKIS, pembinaan oleh Kakankemenag, pembacaan doa kemudian penutup.

Bertempat di Aula Kankemenag Kota Salatiga, kegiatan dihadiri oleh Kakankemenag Kota Salatiga, Taufqur Rahman, Kasubbag TU,  M. Soleh Mubin, Kasi PAKIS, Qomarul Aziz, para Kasi/Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala MIN/MTsN/MAN, pejabat fungsional, penyuluh, serta perwakilan pelaksana dari setiap seksi. Dalam acara tersebut juga disampaikan SK KGB, SK Kenaikan Pangkat, dan SK Penugasan Pegawai FO PTSP serta sertifikat halal kepada pelaku usaha.

Kasi PAKIS dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang telah terlaksana  antara lain Kegiatan Sosialisasi Gerakan Sosial Penerapan Protokoler Kesehatan Tahun Anggaran 2021, Rakor Sosialisasi dan pendataan Emis Online Pontren Dalam Rangka Membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, Rakor Persiapan Ujian PAI serta Rakor Pendataan Siaga dalam Rangka Membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Untuk pencairan Tunjangan Profisi Guru PAI  Non PNS Sebanyak 39 dengan Rincian 27 Impasing dan 12 Non Impasing dicairkan melalui Dipa Wilayah.

Pembinaan ASN oleh Kakankemenag kali ini membahas tentang Tata Persuratan dan Peningkatan Rating Website. Kakankemenag menyampaikan bahwa sebelum masuk meja kepala, surat harus terlebih dahulu dimatangkan konsepnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat yaitu kejelasan, ketelitian, singkat dan padat, logis, meyakinkan runtut, dan mengikuti aturan yang baku. Terkait dengan peningkatan rating website, Kakankemenag meminta semua lini untuk bergerak menginformasikan setiap kagiatan ke dalam bentuk berita. “Meskipun pergeseran peringkat merupakan hal yang biasa terjadi, namun kita harus tetap produktif menyampaikan informasi ke masyarakat melalui media massa baik facebook, instagram, dan website.” Jelasnya.

Beliau juga berpesan kepada para penerima SK KGB dan KP untuk selalu amanah dalam bekerja. “Saya ucapkan selamat kepada bapak/ibu yang menerima SK dan Surat Tugas. Sebagai ASN kita mempunyai hak memperoleh gaji dan tunjangan, hak untuk naik pangkat dan hak lainnya.Tentunya semua itu harus dibarengi dengan pelaksanaan tugas dan fungsi kita dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu saya berpesan, untuk menunaikan pekerjaan yang  telah diamanahkan kepada kita dengan bersungguh-sungguh seraya mengharap ridho dan keberkahan dari Allah SWT.” Pesan Taufiq. (Humas/YF-KK)