Pemimpin Harus Punya Empat Kriteria

Rembang—  Seorang pemimpin harus cakap dalam mengendalikan sebuah organisasi.  Setidaknya ada empat  hal yang harus dimiliki seorang pemimpin agar organisasi berjalan dengan baik.
Demikian dikemukakan oleh Kepala MAN 1 Rembang,Taufik, dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS dan Dewan Ambalan MAN 1 Rembang yang diadakan pada Sabtu-Minggu (29-30/9/2018) di MAN 1 Rembang. 

Taufik memaparkan, empat hal tersebut adalah, berwawasan agama, mampu mengatur kelompok, berjiwa kepemimpinan, dan berbakat menjadi pemimpin. “Empat hal ini sangat penting dimiliki pemimpin agar organisasi berjalan sesuai harapan dan tetap berada pada garis-garis agama Islam,” kata Taufik.

Menurutnya, jiwa pemimpin haruslah tegas. Selain itu, seorang pemimpin harus mampu mengakomodasi kebutuhan anggota. “Seorang pemimpin harus bersikap tegas dan berwibawa. Mampu menjadi contoh Anggotanya dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi,” lanjut Taufik.

Taufik mengatakan, LDK ini adalah sebagai bentuk pembinaan untuk membuka wawasan keorganisasian. Diharapkan, siswa dapat menjalankan roda organisasi dengan baik sesuai dengan aturan organisasi.

Sudarto dan Miftahul Huda adalah Pembina OSIS dan Dewan Ambalan. Sudarto menyampaikan, materi dalam kegiatan LDK antara lain materi kepemimpinan, dinamika kelompok, administrasi keorganisasian serta problem solving. “OSIS MAN 1 Rembang mempunyai kegiatan yang banyak. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam berorganisasi dan berkegiatan menyangkut kesiswaan dan juga kegiatan sosial lainnya. LDK ini diharapkan mampu menjadi bekal mereka untuk menjalankan roda organisasi,” kata Sudarto.

Sementara Miftahul Huda mengatakan, Pramuka adalah kegiatan wajib bagi peserta didik. Menurutnya, anggota Pramuka, utamanya dewan amalan harus mempunyai dasar-dasar kepemimpinan yang kuat.–tejo/iq/bd