Pendampingan e-RKAM, Menyusuri Hutan Menuju MTs Nurul Huda, Tegaldowo, Gunem

Rembang – Ratusan madrasah di Kabupaten Rembang menjadi sasaran pendampingan pelatihan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik selama bulan Mei 2021. Selama menuju madrasah terkait, tak jarang tim e-RKAM melalui jalan berliku untuk sampai ke lokasi tujuan.

Satu dari tim e-RKAM, Chaizatul Hasanah mendapatkan tugas untuk mengadakan pendampingan di MTs Nurul Huda. Madrasah ini terletak di desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem dengan jarak sekitar 30 km dari pusat kota Rembang.

Untuk menuju madrasah ini, tim e-RKAM harus melewati hutan jati dan jalan yang tidak mulus dengan kendaraan bermotor roda dua. Namun perjalanan yang melelahkan tidak menjadi penghalang dan terbayar dengan  kesuksesan penyelenggaraan pendampingan.

“Alhamdulillah peserta pendampingan sangat kooperatif, sehingga kegiatan berjalan lancar,” kata Chaiza.

Kepada peserta, tim e-RKAM menjelaskan tentang pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang digunakan sebagai dasar penyusunan e-RKAM berbasis elektronik. EDM memuat tentang telaah kebutuhan madrasah untuk menunjang kegiatan pembelajaran. EDM ini dijadikan acuan untuk menyusun e-RKAM. “Sehingga nilai e-RKAM antar madrasah ini berbeda-beda,” jelas Chaiza.

Dengan e-RKAM ini, pengelolaan data diharapkan lebih profesional.  Selain itu, data lebih akurat dan lebih mutakhir. ”Data bisa lebih terintegrasi, yaitu mencakup ketepatan waktu, lengkap dan akurat untuk keperluan membuat perencanaan peningkatan mutu pendidikan di madrasah,” pungkas Chaiza.  — iq