Peneguhan Pancasila Pada Setiap ASN

Tegal– Kepribadian Bangsa Indonesia terutama di era globalisasi sekarang ini tetap harus mengarah  kepada Ideologi Pancasila, begitu juga bagi seluruh ASN Kementerian Agama yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia, seperti yang disampaikan KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan pada acara Seminar Pancasila untuk seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama Kota Tegal Kamis (01/06) di Aula Kantor.

Memberikan pemahaman akan pentingnya Pancasila, khususnya bagi ASN Kementerian Agama, perlu dilakukan dalam rangka menerapkan dan meneguhkan nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar negara, “terang Akhmad Farkhan

Oleh karena itu makna dan peran Pancasila tak luput dari pemahaman mengenai identitas nasional Indonesia, hal tersebut merupakan ciri bangsa Indonesia, yang dapat membedakannya dengan bangsa lain di dunia ini.

Sementara itu, lanjut Akhmad Farkhan secara teori bahwa Kementerian Agama tidak bisa lepas dari Pancasila, karena sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan konpensasi yang dimiliki Pancasila oleh Kementerian Agama.

Dengan demikian maka seluruh ASN Kementerian Agama wajib menjaga moral yang berlandaskan agama yang merupakan realisasi dari pelaksanaan butir-butir Pancasila, “pungkas Akhmad Farkhan. (IM/rf)