Penerimaan Dana PIP Tahap II di MTs Negeri 1 Pekalongan

Kab.Pekalongan-Sebanyak 14 siswa MTs Negeri 1 Pekalongan terima dana Pogram Indonesia Pintar (PIP) tahap II sebesar Rp 750.000,- dari pemerintah pusat  guna meningkatkan mutu pendidikan. Bantuan ini diberikan kepada peserta didik yang dari sekolah SD/MI sudah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Penyerahan dana PIP dilaksanakan dengan tetap  mematuhi protokol kesehatan. Rabu, 27 September 2021

Bantuan PIP 2021 merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Melalui program bantuan PIP 2021, pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan tetap mendapatkan pendidikan sampai tamat pendidikan. Pemberian bantuan ini  berbentuk tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Program Indonesia Pintar (PIP)  adalah program pemerintah yang bertujuan untuk memberi bantuan kepada siswa untuk meringankan biaya pendidikan.

Bantuan dana PIP ini diserahkan oleh Wakil Kepala bidang Humas MTsN 1 Pekalongan, Hj. Triyanah, S.Pd. Beliau mengatakan proses penyerahan kepada siswa ini sengaja diadakan di madrasah karena pihak bank tidak mengizinkan pencairan dana PIP di bank agar menghindari antrian di Bank untuk mengurangi kerumunan karena masa pandemi.

“Hari ini,  pukul 09.00 WIB, penyerahan dana PIP kepada orang tua siswa. Semoga bantuan ini dimanfaatkan dengan baik dan membantu penunjang keperluan belajar para siswa serta meringankan biaya pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, Ibu Sunarti selaku orang tua siswa dari Indah Kusuma Aini kelas 8G tampak terlihat sangat senang, karena anaknya mendapatkan dana PIP.

“Alhamdulillah sangat bersyukur dan sangat membantu kami, di masa pandemi seperti ini, bantuan ini sangat berarti, untuk itu kami tidak akan menyia-nyiakan bantuan yang kami terima,” ucapnya sumrigah.

Senada dengan orang tuanya, siswa penerima dana PIP mengatakan akan belajar lebih rajin supaya supaya prestasi belajarnya dapat meningkat. (US-IY/Ant/bd).