Pengembangan Kurikulum Madrasah, Upaya Kemenag Tingkatkan Kompetensi Guru

Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten terus memberikan pemahaman yang utuh tentang implementasi kurikulum 2013 pada guru yang diterapkan di madrasah, dengan menggelar Sosialisasi Pengembangan Kurikulum Madrasah  yang diikuti oleh Kepala madrasah dan Waka Kurikulum se Kabupaten Klaten bertempat di Hotel Galuh Prambanan,(29/1).

“Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif mengatakan melalui kegiatan ini akan menjadikan madrasah lebih cemerlang lagi di masa depan. Sebab, siswa unggul hanya akan bisa diwujudkan oleh guru unggul. Di antara keunggulan guru adalah keikhlasan mendidik dan pengembangan diri.”

Pengembangan kurikulum sangat di butuhkan oleh guru madrasah di lingkup Kemenag Kab. Klaten, sama halnya dengan pengembangan SDM guru. Setiap guru mempunyai kemampuan yang bervariasi, di harapkan guru mampu mengembangkan diri seperti kegiatan ini, tuturnya.

Hal senada disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah Waznan Fauzi, sosialisasi ini diharapkan sebagai wadah untuk mengisi kemampuan guru karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Pertukaran pengetahuan dan pengalaman secara tidak langsung menambah pengetahuan pada setiap guru yang lain.

“Salah satu tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru, selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman pembelajaran serta menumbuh kembangkan kualitas guru,” tegasnya.

Ciri-ciri pendidik yang baik adalah guru yang mampu mentransfer ilmunya kepada siswanya, guru tersebut menjadi teladan atau dicontoh oleh siswa dan juga siswa patuh kepada guru, kata Waznan.

“Kurikulum merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran, untuk itu sangat diperlukan upaya simultan secara berkala agar kurikulum dapat didesain sesuai perkembangan zaman seperti kurikulum 2013,” imbuhnya.

Sementara itu Sudaryati salah satu peserta sosialisasi merasa senang dan merasa sangat terbantu dalam pengembangan kompetensi bagi seorang guru. Guru akan lebih tahu secara utuh tentang kurikulum yang diterapkan di madrasah. Sehingga madrasah akan semakin unggul di dukung guru yang hebat.(aj)