Penguatan Tenaga Pendataan Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren

Jepara – Seksi PD Pontren Kankemenag Kabupaten Jepara mengadakan kegiatan Penguatan Tenaga Pendataan. kegiatan diikuti 40 peserta yang merupakan pengelola data dan informasi Ponpes, Madin dan TPQ se Kabupaten Jepara, pelaksanaan kegiatan di aula 1 Kankemenag Kab. Jepara. 23/05.

Kepala Kankemenag Jepara Nor Rosyid dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Agama telah merintis dan menyelenggarakan berbagai program dalam kerangka meningkatkan mutu dan profesionalisme pendidikan kegamaan dan pondok pesaantren. Dia mengatakan,” Kementerian Agama mempunyai peran sebagai pembina segala kegiatan keagamaan, selanjutnya semua peserta diharapkan bisa mengikuti acara penguatan ini dengan sungguh-sungguh.” Katanya,

Beliau juga berpesan bahwa “TPQ dan Ponpes harus siap dan mampu bersaing dengan lembaga yang lain dan jangan sampai ketinggalan dalam prestasi” pesannya.

Menurut Muslih selaku Kasi PD Pontren tujuan dari kegiatan penguatan ini adalah untuk meningkatkan pengumpulan dan pengelolaan data pendidikan keagamaan dan pondok pesantren. Selain itu juga bertujuan membantu percepatan penyelenggaraan otonomi daerah dengan menyajikan data secara regional sehingga daerah dapat dengan mantab menyusun rencana pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan.

Muslih juga  menyampaikan pengetahuan tentang tenaga operasional (SDM) yang mampu mendukung kegiatan pendataan. Nara sumber juga memberikan pemahaman cara mengentry dan menvalidasi data pada tingkat wilayah sesuai masing-masing peserta. jpr/bd