Peningkatan Kulaitas Operator Zakat Di Madrasah Se-Brebes

Peningkatan Kualitas Kerja Operator Zakat di Lingkungan Madrasah Se-Kabupaten Brebes

Brebes. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes menyelenggarakan Program Kemenag Cerdas, bertajuk “Peningkatan  Kualitas Kerja Operator Zakat di Lingkungan Madrasah se-Kabupaten Brebes”, pada hari Rabu, 15/09/2021 di Ruang Kabah komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes.

Kegiatan yang dihadiri 14 orang peserta,  terdiri atas  kepala MAN se-kabupaten Brebes dan Bendaharanya, Kepala  MTsN Sekabupaten Brebes dan Bendaharanya.  

Aqrom Jangka Daosat selaku ketua UPZ Kakemenag Brebes mengungkapkan bahwa dalam rangka peningkatan perolehan dana Zakat, Infak dan Shadaqoh (ZIS), diharapkan Bapak/Ibu agar ikut berpartisipasi mensosialisasikan kepada guru-guru dan karyawan di tempat tugas masing-masing.

“Ini agar beliau-beliau lebih memahami dan mendalami pentingnya zakat dan kemana uang yang terkumpul didistribusikan,” ungkap Aqrom Jangka Daosat.

“Agar setiap madrasah tidak ragu-ragu untuk berkoordinasi dengan pengurus UPZ  dalam mengajukan Renacana Keuangan Tahunan (RKT) penggunaan dana ZIS yang terkumpul dan disetorkan ke UPZ Kankemenag Brebes. Dan Bapak-papak Kepala madrasah agar lebih memberikan perhatian lebih seksama dalam proses penyetoran dari bandahara madrasah ke UPZ. Ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman dan  setiap saat dapat memantau sehingga penyetorannya sudah dilakukan sebelum tanggal 08 setiap bulannya.” tambahnya.

“Program kemenag cerdas ini diharapkan dapat menjangku anak-anak yang kurang mampu di seluruh madrasah yang ada di Brebes dan mengapresiasi bagi siswa madrasah berprestasi baik ditingkat provinsi, nasional maupun internasional,” ujar Faedurrohim selaku sekretaris UPZ.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dalam rangka UPZ mendengar keluhan dan keinginan dari pihak muzzaki/madrasah guna perbaikan program kerja kedepannya.(Hid/Sua)