Pentingnya Disiplin Administrasi Pada Pelaksanaan UAMBN

Cilacap – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun menegaskan, bahwa salah satu faktor kesuksesan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) adalah disiplin administrasi.

Menurutnya, administrasi merupakan hal pertama kali yang dilihat untuk menentukan baik atau tidaknya sebuah kegiatan. Jadi jika secara administrasi kurang baik, maka akan sangat berpengaruh terhadap kegiatannya. Pernyataan tersebut dilontarkan pada saat monitoring UAMBN MTs, Rabu (19/4) di MTsN Planjan Kesugihan.

Dikatakan lebih lanjut bahwa administrasi merupakan gambaran atau ilustrasi sebuah kegiatan. Administrasi berisi rancangan atau seknario bagaimana sesuatu dilaksanakan. Sehingga, kualitas sebuah kegiatan bisa dilihat dari kelengkapan administrasinya.

“Terkadang sebagian dari kita masih ada yang menganggap remeh akan peran dan fungsi adminstrasi. Padahal, sebuah kegiatan bisa berlangsung jika secara administrasi sudah memenuhi syarat. Kelemahan dari sebagian orang adalah merencanakan sesuatu tetapi tidak ditulis. Hal inilah yang terkadang membuat sebuah kegiatan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Untuk saya berharap seluruh panitia ujian bisa menyediakan administrasi yang lengkap,”katanya.

Kepada panitia UAMBN disarankan untuk meningkatkan kualitas pengadministrasian. Dengan memiliki administrasi yang lengkap, diharapkan seluruh pelaksanaan kegiatan UAMBN bisa sukses. Kelengkapan administrasi juga merupakan sebuah tindakan disiplin. Dengan disiplin administrasi maka layanan kepada peserta didik juga akan optimal. Endingnya, peserta ujian merasa nyaman dan hasilnya juga bisa maksimal. (On/bd)