Penyuluh Gelar Road Show Pelatihan Perawatan Jenazah

Karanganyar – Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kecamatan Karangpandan bekerjasama dengan Pemerintah Desa serta DMI sebagai narasumber (Bp. Samsuri,S.Ag) melaksanakan Road Show pelatihan ngrukti jenazah, (10/10).

Sudah empat kali roadshow perawatan jenazah ini dilaksanakan. Putaran pertama di Desa Dayu, putaran kedua di Balai Desa Tohkuning, putaran ketiga di masjid Al istiqomah Desa Bangsri dan bulan Oktober ini putaran ke 4 terlaksana di aula Balai Desa Karangpandan.

Ida selaku Penyuluh Agama Islam di Kecamatan Kaarangpandan mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dilakukan untuk menambah pemahaman keagamaan masyarakat khususnya di Kecamatan Karangpandan.

“Karena wajib bagi tiap muslim untuk mengetahui ilmu terkait kewajiban muslim terhadap jenazah meliputi memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan memakamkan jenazah sesuai Al-qur'an dan hadist.” Kata Ida.

Selain itu, Penyuluh Agama Islam mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk membuat rukun kematian, sehingga tanggap jika ada warga yang meninggal terkait pemulasaraan jenazah tersebut.

“Kegiatan serupa mendapat respon positif dari Pemerintah Desa dan masyarakat di sekitarnya. Sebagai contohnya Desa memberikan fasilitas yang bisa digunakan demi lancarnya kegiatan tersebut. Hal ini tentu dinilai sangat diperlukan dikalangan masyarakat yang sampai pada saat ini masih banyak ditemukan beberapa kekurangan pada saat menangani jenazah.” Tambahnya.

Dengan positifnya respon dari perangkat desa, diharapkan ada kegiatan tindak lanjut dari kegiatan ini yakni berupa terbentuknya team perawatan jenazah putri disetiap desa yang akan mampu mengcover perawatan jenazah disuatu wilayah pada desa tersebut. Semoga kegiatan ini dapat selalu berjalan dan memberikan pemahaman dan  manfaat bagi seluruh warga masyarakat. (ida-hd/bd)