Penyuluh Manfaatkan Kembang Podcast sebagai Media Dakwah

Rembang – Penyuluh Agama Islam mempunyai tugas dan fungsi untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Dakwah disampaikan dengan metode yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Saat ini, media sosial dinilai sebagai sarana yang tepat untuk berdakwah. Karena, masyarakat sudah sangat ramah dengan media sosial, baik youtube, facebook, twitter dan Instagram. Pemanfaatan media sosial ini juga seiring dengan anjuran Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam, agar diadakan optimalisasi penggunannya untuk berdakwah.

Sadar akan hal ini, Kemenag Rembang melalui Seksi Bimas Islam mendorong para penyuluh agama Islam baik PNS maupun non PNS untuk menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah. Salah satunya adalah melalui akun Youtube.

Di Kemenag Rembang, akun Youtube sudah bisa dioptimalkan untuk menyampaikan apa saja terkait dengan Kementerian Agama Kabupaten Rembang. Akun youtube ini juga diisi dengan ‘Kembang Podcast’ yang merupakan singkatan dari ‘Kemenag Rembang on Podcat’, salah satu program unggulan bidang kehumasan Kemenag Rembang.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muchyidin mengatakan, pihaknya memanfaatkan Kembang Podcast ini sebagai media aktualisasi dan komunikasi dakwah Penyuluh Agama Islam kepada masyarakat luas.

“Kembang Podcast ini sangat tepat menjadi sarana para penyuluh kami untuk berdakwah. Karena Kembang Podcast ini disiarkan melalui akun Youtube Kemenag Rembang news yang mudah diakses publik,” aku Ali.

Setiap KUA Kecamatan mendapatkan jadwal siaran Podcast. “Dengan dipandu oleh tim video  M. Faris Humam dan Wahyu Setiawan, Alhamdulillah sebagian jadwal Podcast sudah terlaksana dan berjalan dengan lancar,” pungkas Ali. – (faris)